Perhatian Presiden Jokowi untuk Papua Diapresiasi

Perhatian Presiden Jokowi untuk Papua Diapresiasi
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ibu Negara, Iriana Widodo (dua kiri) membeli jambu di Pasar Mama-mama, Papua. ( Foto: Biro Pers Media Kepresidenan / Agus Suparto )
Carlos KY Paath / AO Senin, 16 April 2018 | 21:42 WIB

Merauke - Program Presiden Joko Widodo (Jokowi) membangun Papua, khususnya di wilayah perbatasan, mendapatkan apresiasi. Perhatian Jokowi yang begitu besar untuk masyarakat Papua juga selayaknya mendapatkan penghargaan tertinggi.

"Kami, atas nama pemerintah provinsi dan masyarakat Papua, mengucapkan terima kasih dan penghargaan tertinggi kepada Presiden Jokowi, karena memiliki perhatian cukup besar untuk Tanah Papua, termasuk pembangunan perbatasan di provinsi Papua," kata Penjabat (Pj) Gubernur Papua, Soedarmo.

Hal itu disampaikan Soedarmo saat pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) 2018 di depan kantor Bupati Merauke, Papua, Senin (16/4). "Pak Presiden telah membangun PLBN (pos lintas batas negara) di Skouw. Ini monumentum yang sangat besar bagi masyarakat dan provinsi Papua," ujar Soedarmo.

Menurutnya, pembangunan PLBN di Skouw telah menjadikan wilayah perbatasan RI dengan Papua Nugini itu sebagai destinasi wisata. Dia berharap, PLBN juga dibangun di daerah Papua lainnya. Dengan begitu, lanjutnya, pemerintah provinsi (pemprov) Papua menerima tambahan devisa, karena dampak pembangunan perbatasan.

Soedarmo yang juga direktur jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) berterima kasih kepada pimpinan TNI dan Polri beserta jajaran yang bertugas di Papua. "Juga kepada unsur-unsur pelayanan yang tergabung dalam pos pengamanan perbatasan, sehingga wilayah perbatasan dari ujung timur sampai selatan Papua, berjalan aman, tenteram dan kondusif," ucapnya.

Dia mengajak pemerintah daerah kabupaten dan kota di Papua, secara khusus yang terletak di perbatasan agar bersinergi dengan program kementerian/lembaga. Hal tersebut dipandang penting supaya perbatasan menjadi daerah "madu". "Kalau namanya madu, begitu ada madu pasti banyak semut yang datang," imbuhnya.

Dia menegaskan, seluruh pemerintah daerah di Papua bertekad mendukung setiap program-program pemerintah pusat mengenai pembangunan perbatasan. "Kami harap melalui Gerbangdutas ini bisa mewujudkan kawasan perbatasan menjadi beranda terdepan RI," tegasnya.

Pada bagian lain, dia mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Sebab, Tjahjo telah memberikan kepercayaan kepada Soedarmo menjadi pelaksana tugas (plt) gubernur Aceh dan pj gubernur Papua.

"Bapak Mendagri telah mengangkat saya sebagai gubernur dari Sabang sampai Merauke. Saya pernah ditetapkan pelaksana tugas gubernur provinsi Aceh. Sekarang saya sebagai penjabat gubernur Papua," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE