Pelapor Kasus Ujaran Kebencian Amien Rais Siapkan Ahli

Pelapor Kasus Ujaran Kebencian Amien Rais Siapkan Ahli
Amien Rais ( Foto: Antara/Regina Safri )
Bayu Marhaenjati / YUD Selasa, 17 April 2018 | 17:48 WIB

Jakarta - Ketua Cyber Indonesia, Aulia Fahmi, bakal menyiapkan ahli untuk dimintai keterangannya terkait laporan tentang kasus dugaan ujaran kebencian dan penodaan agama yang diduga dilakukan politisi senior Amien Rais.

"Kami sudah punya gambaran (ahli). Kalau mengenai Undang-undang ITE biasanya ahli yang harus dipenuhi itu ahli pidana, ahli bahasa, terus nanti ada ahli IT begitu," ujar Aulia, Selasa (17/4).

Kendati demikian, Aulia belum bisa memastikan siapa nama-nama ahli yang akan diminta untuk memberikan keterangannya. Karena, masih menunggu tahapan proses penyelidikan selanjutnya. "Kalau saat ini belum. Ahli itu nanti terakhir," ungkapnya.

Sebelumnya, penyidik sudah memeriksa Aulia untuk mengklarifikasi laporan yang dibuatnya, di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Senin (16/4) kemarin.

"Konten-konten yang kita laporkan, terkait dengan laporan kita lah semuanya. Konteksnya pemeriksaan, cuma karena ini masih dalam tahap penyelidikan jadi namanya pemeriksaan klarifikasi," katanya.

Pada pemeriksaan kemarin, Aulia juga menyerahkan bukti-bukti tambahan berupa print out dan flashdisk berisi tautan media online yang memuat berita pernyataan Amien Rais.

"Barang bukti untuk sementara sesuai dengan laporan kita ada print out, ada USB yang berisikan URL (berita) dan mungkin nanti ada alat bukti yang lain. Jadi intinya kami hanya klarifikasi saja," tandasnya.

Sebelumnya, Aulia Fahmi, selaku ketua Cyber Indonesia membuat laporan polisi dengan nomor LP/2070/IV/2018/PMJ/Dit.Reskrimsus, itu terkait pernyataan Amien Rais soal partai Allah dan partai setan, yang tersebar di media sosial. Pernyataan itu dinilai sangat berbahaya dan dapat memecah belah masyarakat.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE