Dai Berperan Penting Menyampaikan Pesan Perdamaian

Dai Berperan Penting Menyampaikan Pesan Perdamaian
Calon gubernur Jawa Barat nomor urut dua, Tb Hasanuddin bersilaturahmi dengan Dai Kamtibmas Majalengka di RM Saung Welit, Desa Cisambeng, Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Senin (16/4). ( Foto: Istimewa / Istimewa )
Asni Ovier / AO Selasa, 17 April 2018 | 21:53 WIB

Majalengka – Para tokoh agama Islam dan juru dakwah atau dai memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan perdamaian di antara sesama anak bangsa. Selain menanamkan akidah dan akhlak umat Muslim, dai juga harus berada di garda terdepan dalam menumbuhkan kecintaan terhadap bangsa dan negara.

Karena itu, dai memiliki peran strategis dalam menebarkan pesan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Keberadaan para dai cukup membantu dalam menciptakan suasana kondusif dan menyelesaikan konflik yang terjadi di tengah masyarakat, terutama melalui pendekatan agama.

Hal itu dikatakan calon gubernur Jawa Barat nomor urut dua, Tb Hasanuddin atau akrab disapa Kang Hasan dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (17/4). Kemarin, Kang Hasan bersilaturahmi dengan “Dai Kamtibmas Majalengka” di Desa Cisambeng, Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Kang Hasan mendorong para dai untuk terus menyebarkan pesan damai kepada masyarakat melalui dakwah yang mendidik sesuai dengan ajaran agama. Mereka juga harus bermitra dan bersinergi dengan aparatur keamanan.

“Para dai selain mitra kepolisian juga mitra pemerintah dalam menekan angka kriminalitas atau perbuatan yang melanggar aturan melalui dakwah. Mari kita sebarkan pesan damai kepada masyarakat,” ajak Kang Hasan

Sebagai calon gubernur, dia menyatakan kesiapan untuk memperjuangkan aspirasi para dai jika terpilih. Aspirasi itu, antara lain insentif dan peningkatan status para dai. Kang Hasan berharap, melalui fasilitas tersebut, para Dai Kamtibmas dapat terus meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Jawa Barat.

“Perannya sangat membantu dalam menjaga kondusifitas masyarakat Jawa Barat. Selain itu, selama aspirasi para dai masuk akal, tentu akan kami perjuangkan,” ujarnya.

Salah satu perwakilan dai dari Majalengka, Amsor mengungkapkan, Kang Hasan merupakan calon pemimpin yang bersedia mendengar langsung aspirasi masyarakat dan mau memperjuangkannya. Amsor yakin, Kang Hasan dan pasangannya Anton Charliyan (Kang Anton) akan mampu menjalankan amanah dan tanggung jawab dalam memimpin Jawa Barat.

"Kami, para dai di Majalengka, tentu akan menjatuhkan pilihan kepada pasangan Hasanah. Kami yakin, mereka berdua mampu amanah dan bisa membawa pembangunan Jawa Barat ke arah yang lebih baik serta bisa berdiri di atas semua golongan," tuturnya.



Sumber: BeritaSatu.com