Hari Bidan Sedunia

Megawati Dukung Pengangkatan Bidan PTT Menjadi PNS

Megawati Dukung Pengangkatan Bidan PTT Menjadi PNS
Ribuan Bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) dari berbagai daerah melakukan aksi didepan Kementrian Kesehatan (Kemenkes), Jakarta, Rabu (4/5/2016). ( Foto: Suara Pembaruan/Joanito De Saojoao )
Feriawan Hidayat / FER Sabtu, 5 Mei 2018 | 19:04 WIB

Jakarta - Setiap tanggal 5 Mei, diperingati sebagai Hari Bidan Sedunia atau International Midwives' Day (IMD). Bidan dinilai sebagai srikandi-srikandi perkasa, yang memiliki peran luar biasa dalam kehidupan, khususnya di bidang kesehatan.

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah pemerintah Jokowi-JK, khususnya Kementerian Kesehatan (Kemkes) yang mengangkat 39.000 bidan dan dokter pegawai tidak tetap (PTT) menjadi pegawai negeri sipil (PNS) pada 21 Februari 2017 lalu.

"Bidan membantu kelahiran ibu di Indonesia (sekitar lebih dari 60 persen). Mereka bertugas hingga desa-desa terpencil dan sangat terpencil. Sudah semestinya pemerintah juga memperhatikan nasib para bidan. Salah satunya, status kerja yang pasti bagi mereka yang menjadi ujung tombak kesehatan," kata Megawati dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Minggu (5/5).

Menurut Megawati, masih ada sekitar 4.153 bidan dan dokter PTT Kemkes yang belum mendapat kepastian (ditambah 68 dokter umum dan dokter gigi).

"Saya mendapatkan informasi, alasannya karena usia mereka di atas 35 tahun saat ini. Di berbagai kesempatan saya selalu katakan, mereka 'tua' dalam pengabdian," jelasnya.

Megawati menambahkan, pengangkatan menjadi Pegawai Tetap Negara untuk profesi-profesi Pekerja Pelayan Publik harus memperhitungkan pula pengabdian dan kebutuhan negara atas kehadiran mereka menjadi garda terdepan program-program Pemerintah.

"Di hari Bidan Internasional ini, saya nyatakan mendukung Pemerintah Jokowi-JK untuk mengangkat tenaga kesehatan, termasuk para Bidan berusia 35 tahun ke atas untuk menjadi PNS," tambahnya.

Menurut Megawati, dirinya percaya, kualitas kerja yang optimal dari Pekerja Pelayan Publik, termasuk di bidang kesehatan, lahir dari sistem yang berkeadilan.

"Untuk anak-anakku tercinta, bidan di seluruh Indonesia, selamat Hari Bidan Internasional. Teruslah bekerja dengan semangat pengabdian bagi negara," pungkasnya.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE