Mendikbud: Peserta Dharmasiswa Jadi Duta Budaya Indonesia

Mendikbud: Peserta Dharmasiswa Jadi Duta Budaya Indonesia
Mahasiswa asing yang menjadi peserta program Dharmasiswa untuk periode 2017/2018. ( Foto: Istimewa )
Maria Fatima Bona / FER Selasa, 8 Mei 2018 | 22:48 WIB

Jakarta - Program Dharmasiswa yang mendatangkan mahasiswa asing untuk belajar di Indonesia untuk periode 2017/2018 telah berakhir. Berdasarkan data, terdapat 570 mahasiswa asing yang berasal dari 79 negara yang mengikuti program. Seluruh mahasiswa tersebut, tersebar di 55 perguruan tinggi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengatakan, peserta program ini akan diangkat sebagai duta budaya Indonesia di negaranya masing-masing.

"Saya berterima kasih kepada kalian semua. Mudah-mudahan kenangan kalian manis selama satu tahun berada di Indonesia. Mulai saat ini, saya mengangkat kalian semua untuk menjadi duta budaya Indonesia di negara masing-masing," kata Muhadjir.

Muhadjir juga berpesan kepada peserta Dharmasiswa untuk membagikan cerita tentang keindahan Indonesia, sekaligus sebagai negara yang sangat baik untuk dikunjungi oleh siapa saja.

Sementara itu, Sekjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Didik Suhardi mengatakan, pihaknya melakukan monitoring dan evaluasi selama berlangsungnya program. Sejumlah perguruan tinggi menyatakan, program ini dinilai sangat bagus.

"Sebelum mereka pulang, kami melakukan pembekalan dengan harapan mereka dapat menjadi wakil Indonesia di negaranya masing-masing," kata Didik.



Sumber: Suara Pembaruan