KPU Simulasikan Pemungutan Suara Satu Pasangan Calon

KPU Simulasikan Pemungutan Suara Satu Pasangan Calon
Simulasi pemungutan suara dalam pilkada dengan calon tunggal. ( Foto: Antara )
/ YUD Sabtu, 12 Mei 2018 | 17:29 WIB

Tangerang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara satu pasangan calon dalam pemilihan serentak di Lapangan Gandasari Jalan Pajajaran RT02/04 Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten yang diikuti 16 perwakilan KPU daerah dengan satu pasangan calon.

Komisioner KPU RI, Ilham Saputra di Tangerang, Sabtu(12/5) , mengatakan simulasi itu dilakukan karena cukup banyak dalam Pilkada 2018 yang hanya diikuti satu pasangan calon, yakni Deli Serdang, Padang Lawas Utara, Kota Prabumulih, Pasuruan, Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Tapin, Minahasa Tenggara, Bone, Enrekang, Kota Makasar, Mamasa, Mamberamo Tengah, Puncak dan Jayawijaya.

"Simulasi ini ditunjukan untuk mengukur dan mensimulasikan penerapan aturan pemilihan serentak pada Pilkada 2018 dengan satu pasangan calon secara langsung," katanya.

Selain itu, juga untuk melihat sejauh mana pemahaman dan pengetahuan masyarakat terhadap pelaksanaan pemilihan kepala daerah dengan satu pasangan calon.

Dengan simulasi ini diharapkan kapasitas KPU khususnya penyelenggara di tingkat KPPS pada proses pemungutan dan penghitungan suara pilkada satu pasangan calon dapat memahami serta menerapkan peraturan yang sudah ditetapkan dalam proses pemungutan suara satu pasangan calon.

"Intinya kami ingin sosialisasikan kepada warga tentang proses pemungutan suara satu pasangan. Karena ini mungkin baru di tengah masyarakat sehingga perlu adanya sosialisasi," ujarnya.

Ilham Saputra juga berharap agar pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Banten dengan tiga daerah yang memiliki pasangan satu calon berjalan dengan lancar.

Tentunya, partisipasi masyarakat juga sesuai dengan harapan KPU meskipun adanya satu pasangan calon. "Sosialisasi kepada masyarakat yang terus dioptimalkan," ujarnya.

Sementara itu pantauan di lapangan, masyarakat berdatangan ke TPS yang sudah dibuat KPU dan melakukan proses pemilihan seperti pada umumnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni perwakilan dari KPU di 14 kabupaten/kota yang memilki satu pasangan calon, Bawaslu, dan perwakilan Pemerintah Kota Tangerang.



Sumber: ANTARA
CLOSE