Densus Buru Kelompok Teroris di Sumut

Densus Buru Kelompok Teroris di Sumut
Tim Densus 88 Antiteror. ( Foto: Antara )
Arnold H Sianturi / YUD Rabu, 16 Mei 2018 | 21:10 WIB

Medan - Densus 88 Antiteror masih melakukan penyisiran dalam memburu kelompok teroris yang berhubungan dengan pelaku teror bom di Surabaya. Pengembangan dilanjutkan petugas antiteror itu ke sejumlah daerah di Sumut.

"Pengembangan oleh petugas berdasarkan pemeriksaan dari sejumlah terduga teroris yang ditembak dan ditangkap hidup. Kasus ini belum bisa dipaparkan untuk sementara," ujar seorang perwira polisi kepada SP, Rabu (16/5).

Sumber itu menyampaikan, kelompok aliran radikal yang ditangkap itu mempunyai rencana melakukan teror bom, sama seperti yang dilakukan jaringan teroris yang beraksi di Surabaya. Namun, teror itu belum terwujud menyusul ketatnya pengamanan.

"Kita tidak bisa mengungkap lokasi yang mau diteror tersebut. Ini kita jaga supaya tidak menimbulkan keresahan bagi masyarakat. Selain itu, petugas kita masih melakukan pendalaman dan pengembangan kasus terorisme," katanya.

Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw enggan memberikan keterangan terkait perkembangan penanganan kasus terorisme, yang ditembak mati dan ditangkap hidup dari Kota Tanjung Balai maupun Medan.

"Tanya hal yang lain saja ya," jawab Kapolda Sumut. Sebelumnya, Kapolda Sumut membenarkan adanya informasi penangkapan sejumlah terduga teroris tersebut. Jenderal bintang dua ini enggan memberikan keterangan karena diduga atas perintah pimpinannya.

Beredar informasi, bahwa jumlah terduga teroris yang sudah ditangkap Densus 88 bekerjasama dengan Polda Sumut, sudah lebih dari delapan orang. Jumlah sudah termasuk dua terduga teroris yang ditembak petugas Densus di Tanjung Balai.



Sumber: Suara Pembaruan