Disperindag Bengkulu Minta Pertamina Tambah Kuota Gas 3 Kg

Disperindag Bengkulu Minta Pertamina Tambah Kuota Gas 3 Kg
Gas elpiji 3 kg. ( Foto: Antara / Ampelsa )
Usmin / JAS Kamis, 17 Mei 2018 | 09:08 WIB

Bengkulu - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bengkulu, meminta Pertamina untuk menambah stok gas elpiji ukuran 3 kg guna mengatasi kebutuhan masyarakat selama Ramadan hingga Idulfitri mendatang.

Usulan ini disampaikan karena kebutuhan masyarakat terhadap gas elpiji selama bulan Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri meningkat sekitar 30 persen dibanding hari biasa.

"Kami minta Pertamina Bengkulu, menambah pasokan gas elpiji 3 kg di Kota Bengkulu, sehingga kebutuhan masyarakat selama Ramadan hingga Idulfitri dapat teratasi dengan baik," kata Kepala Disperindag Kota Bengkulu, Dewi Darma, di Bengkulu, Rabu (16/5).

Ia mengatakan, jika persedian gas 3 kg di pangkalan dan agen di Kota Bengkulu, selama bulan Ramadan hingga Idulfitri mendatang mencukupi, maka meski permintaan gas dari masyarakat meningkat dari biasanya akan dapat diatasi sesuai kebutuhan.

Dengan demikian, harga gas elpiji subsidi ukuran 3 kg, tidak akan bergerak naik alias tetap stabil sebesar Rp 16.000/tabung.

"Karena itu, Disperindag Kota Bengkulu, minta kuota gas 3 kg selama Ramadan dapat ditambah dari biasanya, sehingga bahan bakar ini tidak mengalami kelangkaan di pangkalan dan agen elpiji yang ada di daerah ini," ujarnya.

Namun, Dewi Darma tidak merinci secara pasti jumlah kebutuhan pasti gas elpiji subsidi 3 kg di Kota Bengkulu, setiap bulannya. "Yang jelas, selama Ramadan kami sudah mengusulkan ke Pertamina Bengkulu, agar kuota elpiji 3 kg di Kota Bengkulu, ditambah guna mengatasi kebutuhan masyarakat daerah ini," ujarnya.

Sementara itu, dari pantuan SP di sejumlah pangkalan dan agen resmi elpiji di Kota Bengkulu, terlihat stok gas elpiji ukuran 3 kg, 5,5 kg, dan 12 kg, cukup banyak sehingga berapa kebutuhan masyarakat dapat dilayani.

Selain itu, sampai saat ini pasokan gas elpiji dari Pertamina ke pangkalan dan agen, khususnya gas 3 kg berjalan lancar dan stabil. Dengan demikian, stok gas 3 kg di pangkalan dan agen tersedia sertiap saat.

"Syukur Alhamdulillah pasokan gas 3 kg dari Pertamina ke pangkalan dan agen di Kota Bengkulu, berlangsung lancar dan stabil, sehingga stok bahan bakar bersih ini di Kota Bengkulu, masih aman dan mencukupi," ujarnya.

Hal senada diakui Hasan, salah seorang pemilik pangkalan gas di Kota Bengkulu. Ia mengatakan, stok gas 3 kg, 5,5 kg, dan 13 kg di Kota Bengkulu, dalam keadaan cukup sesuai kebutuhan masyarakat.

"Jadi, masyarakat tidak perlu melakukan aksi borong gas 3 kg, karena stoknya di Kota Bengkulu, cukup banyak dan dijamin tidak akan mengalami kelangkaan selama Ramadan hingga Hari Raya Idulfitri mendatang," ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan