Ini Tips dari PLN Bagi Para Pemudik

Ini Tips dari PLN Bagi Para Pemudik
Ilustrasi listrik PLN. ( Foto: Antara )
Rangga Prakoso / YUD Rabu, 13 Juni 2018 | 20:59 WIB

Jakarta - PT PLN (Persero) memberikan sejumlah tips bagi masyarakat yang hendak pulang ke kampung halaman alias mudik. Rumah yang ditinggalkan tanpa penghuni harus dipastikan dalam kondisi aman agar terhindar dari hubungan pendek arus listrik atau korsleting.

Direktur PLN Regional Jawa Bagian Barat ‎Haryanto WS mengatakan masyarakat harus memastikan tidak ada peralatan listrik yang masih dalam kondisi menyala serta terhubung dengan stop kontak.

"Sebelum mudik harus dipastikan tidak ada alat elektronik yang menyala," kata Haryanto di Jakarta, Rabu (13/6).

Haryanto menuturkan ada baiknya memutus arus listrik dari Miniature Circuit Break (MCB). Dengan begitu tidak ada arus listrik yang mengalir di rumah sehingga lebih memastikan kondisi rumah aman dari korsleting.

‎"Instalasi harus dalam keadaan baik, kedua alat listrik dimatikan bila bisa langsung dari MCB," ujarnya.

Sementara itu General PLN Distribusi Jakarta Raya M Ikhsan ‎Asaad mengingatkan agar masyarakat mengisi pulsa listrik bagi pelanggan pra bayar sebelum meninggalkan rumah. Begitu pula dengan pelanggan pasca bayar untuk melunasi tagihan listrik.

"Sebelum mudik isi pulsa listrik atau bayar listrik lebih awal karena nanti pulang jika belum dibayar setelah tanggal 20 nanti diputus," ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com