Kemag Pantau Hilal di 97 Titik

Kemag Pantau Hilal di 97 Titik
Pemantauan hilal. ( Foto: Antara / Irwansyah Putra )
/ AB Kamis, 14 Juni 2018 | 11:23 WIB

Jakarta - Kementerian Agama (Kemag) menyebar sejumlah perukyat untuk melihat hilal sebagai salah satu unsur referensi menetapkan awal bulan Syawal atau hari raya Idufitri 2018.

Kegiatan rukyatulhilal itu akan dilaksanakan Kamis (14/6) yang disebar di 97 titik pemantauan yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, pemantauan hilal itu dilakukan sebelum dilaksanakannya sidang isbat Syawal, Kamis (14/6) petang.

Sidang isbat akan dihadiri sejumlah perwakilan dari unsur-unsur, seperti kedutaan besar negara-negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Selain itu, akan hadir pula delegasi dari Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.



Sumber: ANTARA