Mengatasi Sakit Kepala Saat Mudik, Lakukan Enam Langkah Ini

Mengatasi Sakit Kepala Saat Mudik, Lakukan Enam Langkah Ini
Ilustrasi sakit kepala ( Foto: Pixabay )
Herman / FMB Kamis, 14 Juni 2018 | 11:54 WIB

Jakarta - Saat melakukan perjalanan jauh dengan waktu tempuh yang lama, misalnya ketika mudik Lebaran, masalah kesehatan yang seringkali timbul selain mabuk kendaraan adalah sakit kepala atau pusing. Sebagai jalan pintas, biasanya orang yang mengalami masalah kesehatan tersebut akan mengonsumsi obat pereda nyeri.

Menurut dr. Aldrin Neilwan dari Direktorat Pelayanan Kesehatan Tradisional Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI, masalah kesehatan seperti sakit kepala atau pusing di perjalanan sebenarnya juga bisa diatasi melalui teknis akupresur, yaitu dengan cara melakukan penekanan di permukaaan tubuh pada titik-titik akupuntur.

Berikut ini enam langkah yang bisa dilakukan untuk membantu meredakan sakit kepada atau pusing :

1. Untuk mengurangi sakit kepala atau pusing, dapat dilakukan dengan pemijatan pada lokasi yang letaknya di daerah kepala bagian depan, yang terletak di lekukan tulang pelipis kanan dan kiri, sejajar dengan sudut mata luar. Lokasi pijatan ditekan selama 30 hitungan.

2. Lokasi pijatan terletak di belakang kepala, satu ibu jari tangan dan di atas batas rambut bagian belakang (kanan kiri). Lokasi pijatan ditekan selama 30 hitungan.

3. Untuk sakit kepala di daerah puncak kepala, dapat dilakukan pemijatan pada lokasi yang terletak di puncak kepala. Tekan selama 30 hitungan. Untuk menentukan puncak kepala, hubungkan puncak telinga kanan dan puncak telinga kiri hingga ke tengah garis kepala.

Cara mengatasi sakit kepala

4. Akupresur juga bisa dilakukan di lokasi yang terletak di puncak bahu, pertengahan antara tengkuk dan pangkal lengan (kiri kanan). Lokasi pijatan ditekan selama 30 hitungan.

5. Lokasi pijatan terletak di punggung tangan pada tonjolan tertinggi ketika ibu jari dan telunjuk dirapatkan, tekan selama 30 hitungan.

6. Lokasi pijatan terletak di punggung kaki pada cekungan antara pertemuan tulang telapak kaki, ibu jari dan jari kedua kaki, tekan selama 30 hitungan.

Cara mengatasi sakit kepala



Sumber: BeritaSatu.com