Pantau Mudik, Kapolri: Arus Lalu Lintas Lancar

Pantau Mudik, Kapolri: Arus Lalu Lintas Lancar
Sejumlah calon penumpang menunggu bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, 10 Juni 2018. ( Foto: BeritaSatu Photo / Joanito De Saojoao )
Bayu Marhaenjati / WBP Kamis, 14 Juni 2018 | 18:20 WIB

Jakarta-Kapolri Jenderal Tito Karnavian memantau arus mudik menggunakan helikopter di sejumlah ruas jalan, hari ini. Situasi lalu lintas lancar, aman dan kondusif.

"Saya baru tinjau pakai heli, di Jagorawi sampai puncak. Hasilnya aman, lancar sampai puncak. Jagorawi clear, bahkan lebih lancar dibanding hari biasa. Kami duga karena masyarakat yang berlibur sudah tiba di tujuannya, sehingga tidak ada kemacetan. Hanya ada satu pasar di persimpangan Gadog ke atas. Itu tidak panjang," ujar Tito, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (14/6).

Kedua, tambahnya, Tol Cipularang situasi sangat lancar, dan tidak banyak kendaraan di sana. Diduga, situasi arus lalu lintas landai karena pemudik juga sudah sampai di kampung halaman. "Cikampek, Cikopo, Cipali, arus lalin sangat lancar. Titik macet yang kemarin di Cikampek mulai Km 10 sampai Km 47 karena ada penyempitan di kiri itu dibangun LRT (light rail transit), di kanan ada jalan atas elevated istilahnya. Itu adanya penyempitan yang kemarin sempat bikin kemacetan. Kemudian, GT Cikarut (Cikarang Utama) ini tadi sangat sepi hanya beberapa kendaraan 10 sampai 20 meter yang antre," ungkapnya.

Tito menyampaikan, Tol Cipali yang sebelumnya mengalami kemacetan panjang, hari ini juga terpantau lancar. "Informasi sudah saya cek ke Kapolda Jawa Tengah, Kapolda Jawa Barat, di sana arah Selatan aman lancar. Kemudian di Jawa Tengah, Brexit sepi. Itu sudah saya lihat sendiri. Ini kayak kuburan sepinya," katanya.

Menurutnya, puncak arus mudik telah lewat sehingga situasi lalu lintas sudah lancar. "Di Jawa Tengah, saya tanya pak Kapolda, arus sudah terpecah ke Solo, Salatiga, Boyolali dan lain-lain. Jawa Timur relatif aman lancar. Artinya, saya yakinkan hari ini puncak arus mudik sudah lewat. Tadi pagi," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com