Gubernur Jateng Ajak Masyarakat Berzakat untuk Kurangi Kemiskinan

Gubernur Jateng Ajak Masyarakat Berzakat untuk Kurangi Kemiskinan
Wagub Jateng, Heru Sudjatmoko. ( Foto: Istimewa )
/ JAS Jumat, 15 Juni 2018 | 09:04 WIB

Semarang - Pelaksana Tugas Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko mengajak masyarakat, khususnya umat Islam, melakukan zakat guna mengurangi angka kemiskinan di sejumlah daerah.

"Khotbah tentang zakat yang disampaikan tadi sangat menyentuh dan relevan, potensi zakat untuk mengurangi angka kemiskinan itu tinggi," katanya usai melaksanakan Salat Idulfitri 1439 Hijriah di Lapangan Pancasila, Kawasan Simpang Lima, Semarang, Kamis.

Heru berharap Badan Amil Zakat Nasional tingkat provinsi maupun lembaga-lembaga zakat lainnya dapat mengelola dengan optimal zakat yang dikumpulkan oleh masyarakat.

Secara khusus, politikus PDI Perjuangan itu, juga menginstruksikan kepala daerah di Jateng untuk berupaya mengurangi angka kemiskinan di daerah masing-masing.

"Jangan kalau angka kemiskinannya sudah rendah seperti di Kota Semarang, berarti sudah selesai karena masih ada masyarakat yang masuk kategori hampir miskin dan rentan miskin akibat beberapa faktor," ujarnya.

Sebelumnya, Rozihan selaku Khatib Salat Idul Fitri di Lapangan Pancasila menyampaikan bahwa umat muslim berkewajiban melaksanakan zakat, selain salat lima waktu dan infak.

"Zakat itu merupakan kesempurnaan dari salat dan potensi zakat di Jateng cukup besar, yakni mencapai Rp 200 miliar per tahun yang disalurkam melalui lembaga-lembaga yang sah," katanya di hadapan ratusan jamaah.

Usai melaksanakan Salat Idulfitri di Kawasan Simpang Lima, Heru yang didampingi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng Ahmad Darodji terlihat menyalami sejumlah masyarakat yang hadir.



Sumber: ANTARA
CLOSE