Khotbah Salat Idulfitri, AA Gym Ajak Masyarakat Bersikap Jujur

Khotbah Salat Idulfitri, AA Gym Ajak Masyarakat Bersikap Jujur
Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). ( Foto: Antara )
Maria Fatima Bona / JAS Jumat, 15 Juni 2018 | 09:23 WIB

Jakarta - Ustaz Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersikap jujur sebagai bagian dari hikmah puasa Ramadan.

"Di Indonesia haji banyak, umrah banyak tetapi bangsa sedikit orang yang jujur," kata Aa Gym saat menyampaikan khotbah dalam rangka salat Idulfitri di Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat (15/6).

Dalam kesempatan itu juga terlihat Wapres M Jusuf Kalla, Ketua MPR Zulkifli Hasan juga Gubernur DKI Anies Baswedan, dan ribuan Muslim dan Muslimah.

Lebih lanjut Aa Gym mengatakan menjadi orang jujur merupakan hikmah dari berpuasa. Menurut Aa Gym orang jujur merupakan orang yang sangat bahagia.

Sementara orang yang tidak jujur, kata Aa Gym, akan sibuk menikmati topengnya.

"Tapi apalah artinya topengnya bagus kalau perbuatannya nista, di dalamnya busuk," kata Aa Gym.

Karena itu AA Gym mengajak seluruh komponen bangsa agar bersifat jujur. Ramadan tambahnya seharusnya membuat seseorang berkomitmen untuk jujur sampai mati.

Aa Gym juga menekankan pentingnya perbuatan yang mulia, terpuji, dan baik. Ia mengatakan tidak ada yang lebih penting dalam hidup, kecuali keridaan Allah SWT kepada manusia.

"Semoga Ramadan yang telah dijalani benar-benar mengubah diri ini menjadi pribadi yang akhlakul karimah," katanya.

Dalam khotbahnya, Aa Gym mengisahkan tentang Rasulullah yang diutus ke bumi untuk menyempurnakan kemulian akhlak. Rasulullah bersimbah air mata, keringat, dan darah, dalam perjuangannya. Perjuangan tersebut semata-mata untuk umat manusia agar memiliki kesempurnaan dan kemuliaan akhlak.

"Siapa pun yang ingin mengukur kesuksesan hidup, kuncinya adalah akhlakul karimah. Orang Islam yang paling benar pemahaman Islamnya dapat dilihat dari akhlaknya. Orang Islam yang paling sempurna imannya adalah orang yang paling sempurna akhlaknya," katanya.



Sumber: Beritasatu.com, ANTARA
CLOSE