Dishub Kalteng Diminta Pantau Harga Tiket Pesawat

Dishub Kalteng Diminta Pantau Harga Tiket Pesawat
Ilustrasi penumpang pesawat. ( Foto: BeritaSatu Photo/Danung Arifin )
/ JAS Sabtu, 14 Juli 2018 | 13:53 WIB

Palangka Raya - Anggota DPRD Kalimantan Tengah meminta Dinas Perhubungan Provinsi memantau tingginya harga tiket pesawat beberapa pekan terakhir ini.

Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah, Heriansyah di Palangka Raya Sabtu (14/7), mengatakan, berdasarkan informasi harga tiket pesawat dari Jakarta ke Palangka Raya, dan Surabaya ke Palangka Raya paling murah lebih dari Rp 1 juta atau dua kali lipat dibanding harga normal.

"Setahu saya, harga tiket pesawat dari Jakarta ke Palangka Raya hanya sekitar Rp 500.000 hingga Rp 700.000 , dan Surabaya ke Palangka Raya Rp 400.000 sampai Rp 500.000. Ini perlu dipantau," ucapnya saat dihubungi.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan II meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan ini menyarankan Dishub berkomunikasi dengan pihak Bandara Tjilik Riwut dan maskapai penerbangan yang beroperasi di provinsi ini.

Dia mengatakan langkah tersebut sangat perlu dilakukan, karena sejumlah masyarakat kecewa dan mengeluhkan tingginya harga tiket pesawat dari Jakarta dan Surabaya ke Palangka Raya. Bahkan tingginya harga tersebut masih terjadi sepekan terakhir.

"Bukan hanya ke Palangka Raya, ke Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, dan Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Timur juga tinggi. Ini perlu dipantau. Jangan sampai masyarakat dirugikan," kata Heriansyah.

Menurut Politisi Partai Gerindra ini, tingginya harga tiket pesawat ke Kalteng itu pun dapat berdampak kepada tingginya inflasi, dan mengganggu pertumbuhan ekonomi. Sebab, para pebisnis akan berpikir ulang untuk datang ke Kalteng akibat tingginya harga tiket pesawat.

"Perlu dicek juga, apakah harga tiket pesawat tersebut masih di ambang batas tarif yang ditentukan pemerintah. Kalau sudah lebih tinggi, ya harus diambil langkah-langkah. Jangan dibiarkan begitu saja," demikian Heriansyah.



Sumber: ANTARA
CLOSE