LRT Palembang Mulai Angkut Penumpang

LRT Palembang Mulai Angkut Penumpang
Rangkaian Light Rail Transit (LRT) Palembang. ( Foto: Antara / Nova Wahyudi )
/ YUD Selasa, 24 Juli 2018 | 21:35 WIB

Palembang - Kereta api dalam kota Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan, Palembang, mulai beroperasi untuk penumpang, Senin (23/7) sore.

Hanya saja dalam masa uji coba hingga akhir Juli 2018 ini, hanya penumpang berstatus PNS, TNI dan Polri yang boleh memanfaatkannya karena baru dua gerbong sejauh ini yang beroperasi.

Sekretaris Daerah Sumsel Nasrun Umar mengatakan, setelah uji coba ini berjalan mulus hingga 31 Juli 2018 maka akan dilanjutkan ke penumpang umum.

"Hari ini merupakan sejarah pertama bagi Sumsel, karena untuk pertama kali diizinkan untuk digunakan oleh penumpang meski baru untuk aparatur negara dulu," kata dia.

Pada tahap awal ini, hanya dua stasiun yang akan digunakan yakni Stasiun OPI Mall dan Sultan Mahmud Badaruddin II. Namun setelah 31 Juli 2018, akan ada enam stasiun yang beroperasi dari 13 stasiun yang ada di LRT Sumsel.

Enam stasiun yang akan dipakai saat Asian Games yakni, Stasiun Stasiun OPI Mall, Jakabaring, Ampera, Pasar Cinde, Palembang Icon dan Stasiun SMB II Palembang. Oleh karena itu, adanya uji coba membawa penumpang ini juga sebagai upaya sosialisasi ke masyarakat, terutama untuk disiplin dan tertib.

"Karena dengan LRT ini kita akan mengubah kultur, yang tadinya kurang disiplin menjadi lebih disiplin," kata dia.

Pemprov dalam masa uji coba penumpang ini akan memberikan giliran kepada masing-masing instansi pemerintahan dan TNI, Polri dengan tanpa biaya atau gratis yang beroperasi dari pukul 05.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Sumsel Nelson Firdaus menambahkan, setelah uji penumpang selesai, sebanyak enam stasiun dioperasikan dengan memakai dua rangkaian.

"Kecepatan yang dipakai sekitar 60 km/jam, tergantung jalur. Misalkan lurus, bisa sampai 85 km/jam. Kami prioritaskan penumpang pada tahap pertama operasional ini dari Polri, ASN, TNI dan aparat pemerintah yang ada di Sumsel dulu. Kalaupun nanti ada penumpang di luar itu tetap bisa ya, tapi terbatas," kata Nelson.

Kepala Proyek LRT Palembang Masudi Jauhari mengatakan secara keseluruhan progres telah mencapai 96 persen. Bahkan saat Asian Games nanti hanya akan ada enam stasiun yang siap beroperasi.

"Progres keseluruhan saat ini mencapai 96 persen, sisanya tinggal finishing dan pengerjaan bawah stasiun. Sedangkan untuk stasiun yang siap beroperasi hari ini baru stasiun Bandara, Bumi Siriwijaya Cinde, Ampera, Jakabaring dan stasiun DJKA di OPI Mall," kata Masudi.



Sumber: ANTARA
CLOSE