Mensos: Kemiskinan Bukan Halangan untuk Berprestasi

Mensos: Kemiskinan Bukan Halangan untuk Berprestasi
Idrus Marham. ( Foto: Antara )
Ari Supriyanti Rikin / FER Jumat, 10 Agustus 2018 | 17:52 WIB

Jakarta - Menteri Sosial (Mensos), Idrus Marham menegaskan, kemiskinan bukan halangan untuk berprestasi. Berbagai program perlindungan sosial yang diberikan pemerintah terbukti mampu menciptakan anak-anak berprestasi meskipun memiliki keterbatasan.

Untuk mengapresiasi anak-anak berprestasi ini, Kementerian Sosial akan mengelar kegiatan Gebyar Prestasi Keluarga Sejahtera Indonesia. Rencananya, sekitar 2000 anak berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu anggota Program Keluarga Harapan (PKH) bakal mengikuti kegiatan yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Fasilitas tidak menjadi jaminan melahirkan anak-anak berprestasi. Anak-anak PKH memiliki fasilitas minim tapi bisa berprestasi," kata Idrus Marham di Jakarta, Jumat (10/8).

Melalui acara ini nantinya, kata Idrus Marham, anak-anak bangsa ini diharapkan bisa menyadari bahwa prestasi bisa dicapai dengan kecerdasan bukan semata-mata karena fasilitas.

"Gebyar prestasi ini juga menjadi langkah Presiden Jokowi menebar benih dengan adanya anak-anak berprestasi yang diyakini dalam 10-15 tahun yang akan datang bisa mengatasi kemiskinan struktural keluarganya," ucapnya.

Kegiatan Gebyar Prestasi Keluarga Sejahtera Indonesia ini akan digelar di Bumi Perkemahan Cibubur, Minggu (12/8). Selain ribuan anak berprestasi, hadir pula 1.500 keluarga penerima manfaat PKH, anak-anak penyandang disabilitas dan anak-anak berprestasi lainnya.

Sejumlah menteri Kabinet Kerja dan anggota DPR juga akan hadir dalam gelaran akbar ini. Gebyar anak berprestasi akan dikemas unik, menarik sesuai dengan ciri khas anak-anak. Nantinya akan ada zona-zona untuk membuat suasana semakin semarak yakni zona planet matahari (panggung utama), zona gerak, ilmu, hati, seni, kreatif, dolanan, ceria dan planet kuliner.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE