KSAD Letjen TNI Pramono Edhie Wibowo
Di era saat ini, media cetak dan elektronik memiliki peran yang sangat vital.

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakil KSAD) Letjen Budiman melantik Kolonel Arh Sisriadi sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) menggantikan Brigjen Pandji Suko Hari Judho di Jakarta, hari ini.

Kolonel Sisriadi sebelumnya menjabat Paban V/Dalada Slogad, sedangkan Brigjen Pandji Suko Hari Judho menjabat Komandan Komando Resort Militer (Danrem) 171/Praja Vira Tama Kodam XVII/Cenderawasih, Sorong, Papua Barat.

KSAD Jenderal Pramono Edhie Wibowo dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Wakil KSAD mengatakan, di era saat ini, media cetak dan elektronik sebagai bagian dari sarana informasi memiliki peran yang sangat vital dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

Terkait hal itu, maka informasi yang menyangkut institusi TNI Angkatan Darat, akan berpengaruh terhadap citra TNI Angkatan Darat di tengah masyarakat.

"Dispenad memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan penerangan yang meliputi penerangan satuan, penerangan umum, penerangan khusus dan penerangan strategis dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Darat," katanya.

Dihadapkan dengan tugas-tugas tersebut, maka Dispenad dituntut untuk mencermati setiap perkembangan berita yang menyangkut TNI AD agar berita-berita yang bersifat negatif dapat segera dilakukan "counter" untuk memberikan berita yang seimbang kepada masyarakat.

Oleh karena itu, KSAD menekankan kepada warga Dispenad dan Satuan jajaran Penerangan agar membangun kemitraan dengan media untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan TNI-AD dalam rangka pembentukan opini dan pencitraan TNI-AD.

"Perlu dipahami bahwa pucuk pimpinan penerangan adalah pengemban tugas sebagai juru bicara, yang bertindak atas nama pimpinan untuk memberikan keterangan pers dan publikasi resmi tentang hal-hal yang berkenaan dengan kebijakan pimpinan," kata Pramono.

KSAD juga meminta agar tidak takut berhadapan dengan media, tingkatkan terus pengetahuan dan wawasan dengan banyak belajar dan berlatih, sehingga dari waktu ke waktu Dispenad dan satuan jajarannya akan semakin lebih baik, lebih maju dan lebih berprestasi dalam menjabarkan kebijakan pimpinan, baik secara internal kepada satuan-satuan TNI AD maupun secara eksternal kepada masyarakat luas.

Di tempat terpisah, Mabes TNI AD menggelar lepas sambut Kadispenad dari Brigjen TNI Panji Suko Hari Judho kepada Kolonel Arh Sisriadi. "Saya mohon maaf kalau ada yang tersakiti karena pasti banyak kesalahan. Walaupun wajah beringas, hati saya baik," kata Panji saat acara lepas sambut di Kartika Media Center.

Kadispenad yang baru Kolonel Arh Sisriadi mengatakan, dirinya akan melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya, bahkan dirinya meminta Pandji sebagai mantan Kadispenad untuk memberikan masukan pada dirinya.

"Saya mohon Bapak (Pandji) dapat menjadi mentor. Mudah-mudahan dengan pengalaman yang dimiliki akan bermanfaat secara pribadi dalam melaksanakan tugas saya," katanya.

Penulis: