5.000 Relawan PMI Berkumpul di Jabar

5.000 Relawan PMI Berkumpul di Jabar
Ridwan Kamil. ( Foto: Antara )
/ YUD Jumat, 14 September 2018 | 19:32 WIB

Bandung - Sekitar 5.000 relawan PMI dari seluruh Indonesia akan berkumpul dalam acara Temu Karya Relawan Nasional VI 2018 PMI, di Kawasan Wisata Danau Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, pada agenda yang akan dimulai dari tanggal 17 hingga 22 September 2018.

Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil, Jumat (14/9), berpesan agar menjadi tuan rumah yang mengedepankan filosofi Someah Hade Ka Semah, sebagai local wisdom dari tatar Sunda. Artinya, Kontingen PMI Jawa Barat, harus bisa menujukan keramahan dalam menjamu, menjaga, memelihara, dan berupaya membahagiakan siapapun yang datang ke Jawa Barat.

"Dimulai dari gesture, body language, berikan sedekah senyum kepada siapapun," kata Gubernur Emil, pada sambutannya di Aula Timur Gedung Sate Bandung.

Kedua, lanjutnya, PMI Jawa Barat harus berkarakter helpfull yaitu selalu sigap menolong siapapun meski tidak diminta. Sehingga karakter tersebut akan selalu diingat, dan menjadi ciri khas positif yang mengharumkan nama Jawa Barat.

Gubernur Emil pun menitipkan supaya PMI Jawa Barat, apalagi sebagai tuan rumah, untuk menunjukan sisi kreativitas dalam hal apapun, yang bernilai kreatif.

Ia meminta setiap personel harus mampu mawas diri, dan berbuat apapun atas nama Jawa Barat, sehingga kebersamaan menjadi suatu identitas.

"Hal-hal tersebut jadi harapan saya sebagai Gubernur Jawa Barat, agar kontingen ini mewakili 'siapa kita," pesan Emil.

"Juga dalam setiap kegiatan mohon selaku berkoordinasi dengan pimpinan, kalau ada apa-apa yang di luar tugasnya mohon dikoordinasikan dengan pimpinan," katanya.

Sementara Ketua Ketua PMI Jawa Barat, Adang Rochjana menyebut Temu karya PMI tingkat nasional 2018 akan diikuti 34 kontingen Provinsi se-Indonesia dan peserta luar negeri dari 20 negara.

PMI Jawa Barat sendiri, mengirim 148 peserta, dengan unsur kepanitiaan provinsi mencapai 107 orang, dan kepanitiaan tingkat kabupaten sekitar 100 orang.

"Rencananya, acara Temu Karya Relawan ini akan dibuka langsung Presiden Joko Widodo dan Ketua PMI Pusat yang juga Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla," katanya.



Sumber: ANTARA
CLOSE