Ini Jawaban Mabes Polri soal Tudingan Amien Rais

Ini Jawaban Mabes Polri soal Tudingan Amien Rais
Kadiv Humas Polri Ijren Setyo Wasisto ( Foto: istimewa )
Farouk Arnaz / CAH Rabu, 10 Oktober 2018 | 20:07 WIB

Jakarta - Mabes Polri menjelaskan tudingan Amien Rais sesaat sebelum dia diperiksa Polda Metro Jaya sebagai saksi terkait kasus hoax Ratna Sarumpaet. Amien memang sempat bicara soal kejanggalan pemanggilan itu.

Misalnya Amien mengutip pernyataan Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto yang menyebut pemanggilan Amien berdasarkan keterangan Ratna.

Amien mempermasalahkan dia dipanggil dengan surat panggilan tertanggal 2 Oktober--yang katanya berdasarkan keterangan Ratna--, padahal Ratna ditangkap tanggal 4 Oktober.

Mantan ketum PAN itu juga bicara soal kejanggalan penulisan namanya di pemanggilan dirinya. Nama yang tertulis pada surat panggilan tertulis Amin Rais. Padahal namanya Muhammad Amien Rais.

“Di Polda Metro kan sudah ramai, termasuk kamu (wartawan) nanyain soal ini tanggal 2. Tanggal 2 siang Polda Jabar nyampein informasi bahwa tidak ada semuanya itu. Polda Metro saat itu sudah mulai membuat laporan informasi melakukan penyelidikan,” jelas Setyo di Mabes Polri, Rabu (10/10).

Tanggal 2 malam Amien bahkan sudah menggelar konferensi pers dan maka tanggal 2 itu sudah dibuatkan surat panggilan untuk tanggal 5, karena tanggal 5 Amien tak bisa datang, maka dibuat lagi panggilan tanggal 8.

“Tanggal 8 beliau enggak mau, lalu dipanggil lagi tanggal 12. Beliau menyatakan tanggal 10 ini datang. Polri menyatakan terima kasih Pak Amien berkenan hadir memberikan klarifikasi. Ini memang situasional biasanya, yang wajarnya, pelapor dan saksi dulu diperiksa baru terlapor atau tersangka belakangan. Ini tidak,” imbuhnya.

Soal nama Amien yang tak ditulis lengkap, kata Setyo, itu sama dengan nama Kapolri Jenderal Tito Karnavian, di mana nama Muhammad di depan nama Tito sering tidak ditulis.

“Itu tidak ada kaitannya. Tidak ada maksud anti-Islam. Biasanya beliau juga nulis Amien Rais. Tidak pernah Muhammad Amien Rais,” sambungnya.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE