Delegasi IMF-WB Kunjungi Miniatur Indonesia di Gianyar

Delegasi IMF-WB Kunjungi Miniatur Indonesia di Gianyar
Taman Nusa, Gianyar, Bali. ( Foto: Istimewa )
I Nyoman Mardika / WBP Minggu, 14 Oktober 2018 | 07:41 WIB

Ginyar, Bali - Selain tersohor karena keindahan alam dan pantainya, Bali juga dikenal inovatif dalam mengemas daya tarik pariwisata. Salah satunya Taman Nusa, miniatur budaya Indonesia layaknya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta. Taman Nusa pada Sabtu (13/10) diperkenalkan kepada 200 delegasi International Monetery Fund-World Bank (IMF-WB) yang menghadiri pertemuan tahun di Nusa Dua, Bali.

Di Taman Nusa mereka bisa melihat dari dekat kebudayaan Indonesia seperti rumah adat Toraja dan daerah lainnya. Bahkan di obyek yang baru dikembangkan tahun 2000-an ini juga bisa melihat dari dekat miniatur Candi Borobudur. Dengan melihat Borobudur mini di Taman Nusa, mereka penasaran ingin melihat Candi Borobudur yang asli di Magelang, Jawa Tengah.

Untuk menjangkau obyek wisata tersebut tidak sulit, karena jaraknya tidak jauh dari lokasi pertemuan di Nusa Dua.

“Ini merupakan momentum langka, selain memperkenalkan seni budaya Indonesia dan keindahan Bali, sekaligus promosi Taman Nusa sebagai taman wisata budaya Indonesia,” kata General Manager Taman Nusa, I Nyoman Murjana, di Gianyar, Sabtu (13/10) yang dikonfirmasi ketika menyambut delegasi The International Monetary Fund (IMF) dan World Bank Group.

Para delegasi juga disajikan Parade Budaya Nusantara yang melibatkan ratusan seniman Taman Nusa dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka menyambut dalam jejeran pagar ayu dan pagar bagus. Tak lupa tari Pendet yang merupakan salah satu tarian selamat datang paling tua di Pulau Bali mewarnai penyambutan para tamu penting itu.

Karena keterbatasan waktu, ratusan delegasi tidak bisa menyaksikan seluruh isi Taman Nusa. “Sayang waktu mereka sangat ketat, sehingga para delegasi tidak bisa menyaksikan seluruh miniatur Indonesia," kata Nyoman Murjana.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE