Simulasi gempa bumi
Guncangan gempa itu sempat menggetarkan kaca dan pintu rumahnya.
 
Gempa yang berpusat di Kabupaten Sukabumi dengan kekuatan 6.1 skala Richter, hari ini, sekitar pukul 18.81 WIB, terasa hingga daerah Kabupaten Garut dan Tasikmalaya, Jawa Barat.

Guncangan gempa dirasakan warga yang tinggal di kawasan Garut Kota dan Kota Tasikmalaya, warga sempat merasakan kepanikan ketika terjadi gempa.

Bahkan sejumlah warga yang sedang berada dalam masjid sempat akan keluar masjid ketika merasakan gempa.

"Ya cukup terasa guncangannya, ada warga yang sedang di masjid mau keluar, tapi tidak jadi karena gempanya sebentar," kata Dedi, 30, warga Garut Kota.

Informasi yang dihimpun, sejumlah warga di Kota Tasikmalaya merasakan guncangan gempa yang terasa cukup kuat, namun tidak membuat warga berhamburan keluar rumah.

Salah seorang warga di Kecamatan Kawalu, Tasikmalaya, Jajang, 31, mengatakan guncangan gempa sempat menggetarkan kaca dan pintu rumahnya. "Sangat terasa, kaca dan pintu rumah saya bergetar, tapi saat gempa tidak terlihat warga keluar rumah, mungkin sedang shalat magrib," katanya melalui telepon seluler.

Berdasarkan data gempa bumi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, sumber gempa berlokasi di 7,99 Lintang Selatan dan 106,19 Bujur Timur atau 121 kilometer barat daya Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dengan kedalaman 24 kilometer.

Penulis: