Tim DVI Telah Identifikasi 77 Korban Lion Air

Tim DVI Telah Identifikasi 77 Korban Lion Air
Petugas memindahkan kantong jenazah korban pesawat Lion Air JT 610 saat tiba di RS Polri, Jakarta, 30 Oktober 2018. ( Foto: BeritaSatu Photo / Joanito De Saojoao )
Bayu Marhaenjati / CAH Jumat, 9 November 2018 | 20:43 WIB

Jakarta - Tim Disaster Victim Identification (DVI) Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat I Raden Said Sukanto, telah berhasil mengidentifikasi 77 jenazah penumpang pesawat Lion Air yang mengalami kecelakaan, di Perairan Karawang, Jawa Barat. Puluhan jenazah itu paling banyak teridentifikasi melalui pemeriksaan DNA.

"Sampai saat ini penumpang yang telah teridentifikasi sebanyak 77 orang dengan rincian laki-laki 57 orang dan perempuan 20 orang," ujar Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Polri Raden Said Sukanto Brigjen Pol dr Musyafak, di RS Bhayangkara Polri Raden Said Sukanto, Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (9/11).

Dikatakan, dari 77 jenazah yang teridentifikasi, berdasarkan persentase paling banyak melalui pemeriksaan DNA.

"Dari 77 yang sudah teridentifikasi memang kalau dilihat presentase yang paling banyak adalah hasil pemeriksaan DNA. Mengingat body part yang dievakuasi ke sini, mungkin kecil-kecil, jadi kalau kita periksa dari aspek medis dan tanda-tanda properti dan mungkin dari gigi geligi serta sidik jari, barang kali lebih sedikit dari pemeriksaan DNA," ungkapnya.

Ia menyampaikan, pemeriksaan sampel DNA yang dilakukan Laboratorium DNA Pusdokkes Polri, sejauh ini berjalan lancar.

"Menurut informasi dari ahli sampel DNA yang melaksanakan pemeriksaan sampel ante mortem maupun post mortem yang dikirim ke Lab Pusdokkes Polri, pada umumnya lancar. Memang ada kendala karena sudah hari ke-12, jadi proses pembusukan sudah berlangsung agak lama, ini perlu kehati-hatian dalam pengambilan sampel DNA, mudah-mudahan bisa terdeteksi," katanya.

 



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE