Hari ke-12, Basarnas Evakuasi Satu Kantong Jenazah

Hari ke-12, Basarnas Evakuasi Satu Kantong Jenazah
Basarnas berhasil mengevakuasi satu kantong jenazah korban kecelakaan pesawat Lion Air PK-LQP, Jumat, 9 November 2018. ( Foto: Dok. Basarnas )
Herman / FER Jumat, 9 November 2018 | 20:48 WIB

Jakarta - Memasuki hari ke-12 operasi SAR kecelakaan pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang, tim penyelam Basarnas berhasil mengevakuasi 1 kantong jenazah lagi. Jenazah tersebut saat ini telah diserahkan kepada Tim DVI Polri untuk diidentifikasi lebih lanjut.

Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menyampaikan, dengan tambahan satu kantong jenazah, total jenazah yang telah berhasil dievakuasi sejak hari pertama operasi SAR hingga hari ke-12 ini sebanyak 196.

Basarnas dalam pencarian hari ini mengerahkan 40 penyelam dari Basarnas Special Group (BSG). Sedangkan unsur yang terlibat meliputi Kapal Baruna Jaya I, tim KNKT yang fokus mencari CVR, KN SAR Basudewa sebagai OSC, KN SAR Sadewa, 2 unit Rubber Inflatable Boat (RIB) dan 4 unit Rubber Boat (perahu karet). Untuk rencana operasi SAR untuk esok hari, masih dengan menggunakan pola dan lokasi penyapuan yang sama.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kabasarnas Marsdya TNI M Syaugi selaku SAR Coordinator (SC) memperpanjang tiga hari proses pencarian korban Lion Air PK-LQP hingga Sabtu (10/11).

Perpanjangan dilaksanakan setelah dilakukan analisa, evaluasi, koordinasi dengan seluruh stakeholder, dan masukan-masukan faktual dari lapangan. Perpanjangan waktu tersebut dilaksanakan untuk memastikan bahwa sudah tidak ada lagi korban yang harus dievakuasi, baik di dasar laut maupun di permukaan.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE