PDIP: Semangat Persatuan Cenderung Meluntur di Tingkat Elite

PDIP: Semangat Persatuan Cenderung Meluntur di Tingkat Elite
Andreas Hugo Pareira ( Foto: Antara/Reno Esnir )
Markus Junianto Sihaloho / CAH Jumat, 9 November 2018 | 21:56 WIB

Jakarta - Semangat persatuan merupakan semangat kepahlawanan yang mengedepankan kepentingan nasional, namun cenderung meluntur disebagian kalangan elite nasional saat ini.

Penilaian itu disampaikan Ketua DPP PDI Perjuangan, Andreas Hugo Pareira, menanggapi berita bohong (hoax) dan ujaran kebencian yang hingga kini masih marak beredar di media sosial dan membuat nilai-nilai kepahlawan kian meredup. Hoax dan ujaran kebencian membuat semangat persatuan dan kesatuan, yang dulu diperjuangkan para pahlawan nasional, terus memudar.

Menurut Andreas, faktanya memang beberapa elite yang sangat berambisi meraih kekuasaan, justru menggunakan media sosial sebagai instrumen untuk mengadudomba dan memecah belah masyarakat.

“Elite semacam itu memang rendah kualitas kenegarawanan dan melihat politik sebagai cara meraih kekuasaan dengan berbagai macam cara termasuk media sosial,” kata Andreas.

Padahal, lanjutnya, semangat kepahlawanan masa kini seharusnya diwujudkan dengan kerja keras di segala bidang dan profesi. Tujuannya adalah menjaga persatuan dan kesatuan, NKRI, menghadapi persaiangan global yang semakin ketat dengan bangsa-bangsa lain. Saat ini, menurut dia, Indonesia terlalu banyak disibukkan demgan persoalan-persoalan dalam negeri akibat ulah elite-elite yang ambisius.

“Dan kita kehilangan momentum untuk melakukan konsolidasi secara nasional demi mempercepat pembangunan bangsa, meningkatkan daya saing di lingkungan melalui kerja-kerja yang produktif,” kata Andreas.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE