Polisi Yakin Bahar Tidak Bakal Kabur

Polisi Yakin Bahar Tidak Bakal Kabur
Bahar bin Smith. ( Foto: Antara / Rivan Awal Lingga )
Farouk Arnaz / FMB Jumat, 7 Desember 2018 | 10:34 WIB

Jakarta — Habib Bahar bin Smith (HBS) yang diduga menghina Presiden Joko Widodo telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Polri Kamis (6/12).

Meski diancam masa pidana di atas lima tahun namun penyidik tidak melakukan penahanan pada habib yang tampil dengan rambut panjang itu.

“Dasar penahanan itu kan ada dua. Kalau penyidik melihat dia akan melarikan diri atau menghilangkan barang bukti, langsung ditahan. Itu sudah sesuai dengan ketentuan KUHAP,” kata Kabag Penum Polri Kombes Syahar Diantono di Mabes Polri Jumat (7/12).

Dengan kata lain, penyidik yakin Bahar tidak lari karena sudah dicekal dan tidak menghilangkan barang bukti. Penyidik juga yakin Bahar tidak mengulangi perbuatannya.

“(Proses selanjutnya) tetap berjalan. Kalau penyidik masih membutuhkan keterangan yang bersangkutan dia akan dipanggil lagi,” sambungnya.

Bahar dijerat Pasal 16 ayat 4 (a) ke 2 UU 40/2018 tentang penghapusan diskriminasi ras dan etnis dan atau Pasal 28 ayat (2) UU RI 19/2016 tentang perubahan UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE