Bahar Smith Tak Ditahan, Ini 3 Alasan Polisi

Bahar Smith Tak Ditahan, Ini 3 Alasan Polisi
Habib Bahar bin Smith. ( Foto: Istimewa )
Aichi Halik / AHL Jumat, 7 Desember 2018 | 19:20 WIB

Jakarta - Habib Bahar bin Smith resmi menjadi tersangka kasus ujaran kebencian terhadap kepala negara. Namun, Bahar Smith tak langsung ditahan oleh polisi.

Kabag Penum Divhumas Mabes Polri Kombes Pol Syahar Diantono mengatakan, polisi tidak melakukan penahanan terhadap Habib Bahar.

"Iya tadi malam penyidik ditipidum bareskrim polri telah menetapkan HBS sebagai tersangka tentunya melalui proses pemeriksaan dan penyidikan. Dan yang bersangkutan tadi malam tidak dilakukan penahanan dan kembali," kata Syahar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (7/12).

Dia menyebutkan tiga alasan penyidik tidak melakukan penahanan terhadap Habib Bahar.

"Tentunya ada pertimbangan penyidik. Dalam KUHAP kan ketentuan pasal 21 ada pertimbangan objektif dan subjektif. Tentunya ini ada pertimbangan subjektif. Ada tiga hal di situ bahwa penyidik meyakini tidak melarikan diri, tidak mengulangi perbuatan, dan tidak menghilangkan barang bukti," jelasnya.

Jika tiga hal tersebut tidak ditepati, penyidik akan mempertimbangkan lagi terkait kemungkinan penahanan.

"Tentunya penyidik meyakini HBS ini kooperatif dan tidak dilakukan upaya penahanan. Namun proses penyidikan tetap lanjut," ujar Syahar.

Habib Bahar dijerat UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang penghapusan diskriminasi ras dan etnis dan UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE.



Sumber: BeritaSatu TV
CLOSE