Ilustrasi Pesparawi
Peserta resmi masing-masing kontingen dibatasi 220 orang, selebihnya adalah peserta penggembira.

Sepuluh kontingen provinsi peserta Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional X, 3-9 Juli 2012 sudah tiba di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Panitia Pesparawi, Ansar Sangka, di Kendari, Sabtu, mengatakan, kontingen tersebut dari Kalimantan Timur, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Gorontalo, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah.  Ia mengatakan, beberapa kontingen lain akan tiba pada 1 dan 2 Juli 2012.

"Besok akan tiba 12 kontingen. Itu kedatangan kontingen yang terpadat di Bandara Haluoleo," katanya.

Seluruh kontingen yang sudah tiba, katanya, sudah ditempatkan di penginapan masing-masing dan dilayani atau dipandu masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Sultra.

Menurutnya, peserta resmi masing-masing kontingen dibatasi 220 orang, selebihnya adalah peserta penggembira yang ditanggung oleh pemerintah provinsi masing-masing.

"Ada kontingen yang jumlahnya melebihi 220 orang, tetapi panitia hanya menanggung penginapan peserta resmi, sementara penggembira ditanggung masing-masing provinsi asalnya," kata Ansar Sangka.

Ansar mengatakan, seluruh peserta resmi dari 33 provinsi termasuk Aceh yang mengikuti kegiatan ini diperkirakan mencapai 5.497 berdasarkan laporan terakhir dari masing-masing provinsi kepada panitia.

Penulis: /FER