Sejumlah pekerja melakukan proses perbaikan jalan di perbatasan jembatan Martoloyo, Tegal, Jateng, Kamis (11/7). Perbaikan jalur pantura tersebut dikerjakan karena banyaknya titik jalan rusak dan bergelombang terutama di penghubung jembatan yang sering mengakibatkan kecelakaan
Sedikitnya ada 25 titik penyebab kemacetan di jalur Pantura. 

Peta lokasi daerah rawan macet di ruas pantai utara Jawa (Pantura) untuk arus mudik 1433 Hijriyah menunjukkan titik rawan macet tersebar di banyak lokasi, terutama pasar tumpah dan persimpangan.

Di jalur mudik Pantura Jawa Barat, titik rawan macet disebabkan oleh pasar tumpah dan simpang yang totalnya sebanyak 25 lokasi.

Menurut data Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Sabtu, lokasi rawan macet di Jawa Barat meliputi simpang Jomin, simpang tiga Cikampek, simpang tiga Karang Sinom, dan simpang tiga Jangga merupakan lokasi rawan macet.

Untuk simpang Jomin, kondisi masih seperti tahun lalu, belum ada rencana pelebaran atau pembuatan jalan layang (fly over) karena dalam waktu dekat akan terbangun Tol Cikampek-Palimanan.

Dijten Bina Marga Kementarian Pekerjaan Umum menyebutkan pengaturan lalu lintas di simpang Jomin akan dilakukan seperti tahun lalu.

Sementara itu jembatan ganda Cipunegara, jembatan Kanci 1, dan jembatan Ender A (Jawa Barat) dinyatakan telah berfungsi untuk arus mudik tahun ini.

Penulis:

Sumber:Antara