KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur
Menghadirkan pembicara mumpuni yakni budayawan Jaya Suprana dan Mohammad Sobary, serta sastrawan Martin Aleida.

Forum Gusdurian Jakarta akan memperingati hari lahir (harlah) KH Abdurahman Wahid yang jatuh pada 4 Agustus. Kegiatan diadakan di sekretariat Wahid Institute, Matraman, Jakarta, Jumat (3/7), pukul 16.00 WIB.

Menurut Koordinator Jaringan Gusdurian Alissa Wahid seperti yang dikutip dari situs NU Online, Agustus ini, Forum Jumat Gusdurian cukup istimewa karena jatuh di bulan Ramadan.

“Kita akan memperingati hari lahir al-maghfurlah Gus Dur yang jatuh pada 4 Agustus ini,” ujarnya.

Alissa mengambil pendapat adik kandung Gus Dur Aisyah Hamid, sesungguhnya Gus Dur lahir pada tanggal 4 Syaban, namun karena salah paham dengan petugas pencatat kelahiran, maka tercatatlah sebagai 4 Agustus 1940.

“Karena sifat Gus Dur yang tak pernah terganggu dengan trivia semacam ini, maka Beliau pun tak pernah meluruskannya. Jadilah sampai saat ini kita memperingati 4 Agustus sebagai tanggal lahir Beliau,” tambahnya.

Forum Gusdurian yang rutin digelar tiap Jumat awal bulan ini, akan menghadirkan pembicara mumpuni di antaranya budayawan Jaya Suprana dan Mohammad Sobary, serta sastrawan Martin Aleida.

Tujuan utama Jaringan Gusdurian, lanjut Alissa, adalah merawat warisan perjuangan Gus Dur untuk Indonesia, dan secara khusus untuk memfasilitasi Gusdurian muda untuk menjadi kader bangsa yang mumpuni.

“Untuk itu, saya sangat berharap para senior Gusdurian juga dapat meluangkan energi, skill, dan resources lainnya untuk terlibat lebih aktif dalam proses ini,” harapanya.

Alissa menambahkan, Alhamdulillah perkembangan jaringan Gusdurian telah memasuki fase kerja keras. Sahabat-sahabat Gusdurian muda dari berbagai kota telah bergerak di area masing-masing, juga mulai terhubung satu sama lain.

Penulis: /FMB

Sumber:www.nu.or.id