ilustrasi-kebakaran hutan.
Terdapat delapan perusahaan yang diduga melakukan pembakaran.

Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya menegaskan bahwa mereka tetap menempuh jalur hukum bagi perusahaan-perusahaan asing yang sengaja melakukan pembakaran lahan di Indonesia.

"Banyak sekali komplain dari Singapura dan Malaysia soal transboundary haze. Di Riau saya bertemu dengan menteri lingkungan dari Malaysia dan bicara bahwa kita sama-sama bertanggung jawab karena perusahaan-perusahaan besar yang buat asap itu perusahaan dari Malaysia dan apalagi Singapura. Perusahaan-perusahaan ini headquarter-nya banyak di Singapura," tandas Balthasar, di Jakarta, Jumat (17/8).

Pihak kementerian kehutanan sendiri telah menyampaikan kepada Malaysia bahwa Indonesia akan tempuh jalur hukum bagi siapapun yang melakukan pembakaran.

"Orang Malaysia yang lakukan pembakaran akan kita tempuh jalur hukum. Menteri LH Malaysia bilang, silakan saja kalau ada orang Malaysia yang melakukan pembakaran,” jelasnya.

Pihak kementerian kehutanan sendiri menyatakan, ada delapan perusahaan yang dicurigai melakukan pembakaran dengan dua perusahaan sedang dilakukan penyidikan.

Penulis: /WBP