Sri Sultan HB X
Sri Sultan Hamengku Buwono X menggelar 'open house' yang dipastikan hanya akan diisi dengan silaturahim, tanpa ada agenda lainnya.

Sekitar 5.000 orang diperkirakan menghadiri open house yang bakal diadakan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Jumat (24/8).

"Ribuan warga Daerah Istimewa Yogyakarta itu akan bersilaturahim dalam rangka Idul Fitri 1433 Hijriah," ungkap Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DIY, Kuskasriati, di Yogyakarta, Kamis (23/8).

Menurut Kuskasriati, khalayak yang hadir itu akan bersilaturahim dengan Sultan dan istrinya, GKR Hemas, serta Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX. Open house itu sendiri disebutkan hanya akan diisi dengan silaturahim, serta tidak ada agenda lain.

"Kami berharap masyarakat pandai memanfaatkan momentum tersebut, karena keterbatasan waktu. Open house akan digelar pukul 08.30 sampai 11.30 WIB," katanya.

Kuskasriati mengatakan bahwa dalam open house tersebut tidak disediakan makanan secara prasmanan, tetapi dengan menggunakan dus. Hal itu dilakukan karena waktu (jadwal) open house yang terbatas, sehingga panitia harus berpikir praktis untuk memenuhi konsumsi masyarakat.

"Panitia memberikan menu nasi dan lauk-pauk dalam dus agar praktis, karena waktu open house hanya tiga jam, setelah itu masuk waktu salat Jumat. Panitia menyediakan sebanyak 7.500 dus untuk dibagikan kepada warga yang hadir," katanya.

Menurut Kuskasriati pula, open house di Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sendiri baru digelar dalam dua tahun ini. Disebutkan, pada tahun-tahun sebelumnya open house diadakan di Bangsal Kepatihan.

"Warga dari elemen Sekretariat Bersama (Sekber) Keistimewaan DIY dan para pamong desa direncanakan juga akan hadir dalam open house tersebut," katanya.

Sementara, selain menggelar open house di Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Gubernur DIY juga direncanakan akan mengadakan rangkaian silaturahim dengan kabupaten dan kota se-DIY. "Gubernur DIY akan mengadakan silaturahim ke Kabupaten Kulon Progo pada 29 Agustus 2012, Gunung Kidul (30 Agustus), Sleman (31 Agustus), Bantul (6 September), dan Kota Yogyakarta (7 September)," katanya.

Penulis: /SES