Pendukung Jokowi-Basuki (Ahok) merayakan keunggulan suara calon mereka di Pemilu Kada DKI Jakarta
Wakil Ketua Komisi III DPR dari Fraksi Partai Golkar Aziz Syamsuddin, tak terima dengan aksi para anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang kompak mengenakan kemeja kotak-kotak hari ini.

Menjelang rehat salat dan makan siang saat rapat kerja dengan Polri, KPK, dan Kejaksaan Agung, Aziz meminta agar para anggota Fraksi PDIP mengganti pakaian saat istirahat.

Menurut Aziz, pemakaian baju tersebut adalah bagian kampanye untuk salah satu pasangan calon gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih dikenal dengan Jokowi-Ahok.
 
"Saya meminta pas masuk anggota (mengenakan baju kotak-kotak) mengganti  bajunya dan forum rapat ini tidak digunakan untuk kampanye terselubung,"  kata Aziz dalam forum rapat bersama pimpinan Polri, Kejaksaan Agung dan  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di gedung Parlemen, Senayan, Senin  (17/9).
 
Menurut Aziz, lembaga parlemen merupakan lembaga politik yang punya aturan normatif meski tak tertulis. Pemakaian kemeja kotak-kotak yang menjadi ikon Jokowi-Ahok itu dianggapnya tidak pantas.
 
"Apa ya seragam kandidat tertentu bukan kampanye terselubung saya kembali mengingatkan yang kita lakukanlah ini independen," kata dia lagi.
 
Trimedya Panjaitan, salah satu anggota komisi III dari F-PDIP, mengatakan hal yang mereka lakukan tidak bertentangan dengan aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta. Bahkan,  dia mengatakan sudah mengantongi surat edaran KPU tersebut.
 
"Saya bawa surat edaran KPU DKI dan tidak ada larangan pemakaian baju dan ini  bukan kampanye kalau Pak Aziz mempersepsikan ini kampanye maka itu pikiran Pak Aziz," kata Trimedya.
 
Dia menambahkan berpakaian adalah pilihan masing-masing orang dan permintaan Aziz tersebut berlebihan.
 
Sementara Sayed Muhammad, yang juga mengenakan kemeja kotak-kotak di balik  blazernya juga menilai penggunaan baju itu tidak melanggar aturan.
 
"Kalau semua dianggap kampanye yang berkumis juga tidak bisa masuk ruangan ini karena dianggap kampanye," kata dia berkelakar.
 
Sebagian besar anggota Fraksi PDIP di Komisi III hari ini mengenakan  kemeja kotak-kotak. Ada yang memadukannya dengan blazer.



Penulis: