PLTA Sulewana Poso Beroperasi Pekan Depan

PLTA Sulewana Poso Beroperasi Pekan Depan
PLTA Sulewana ( Foto: Antara )
Jumat, 21 September 2012 | 12:56 WIB
Mensuplai daya listrik sebesar 65 MW

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sulewana di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng), diharapkan mulai beroperasi pekan depan.

Manager PT Perusahaan Listrik Negara (PLN ) cabang Palu, Suroso di Palu mengatakan PLTA dijadwalkan beroperasi pada 24 September 2012.

“Pada tahap pertama, PLTA baru akan mensuplai daya listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar Tentena, Kabupaten Poso sebesar lima megawatt. Sedangkan sebagian besar daya akan disuplai untuk memenuhi kebutuhan daya listrik masyarakat di Provinsi Sulawesi Selatan,” kata Suroso, Kamis (20/9).

Gubernur Sulteng Longki Djanggola sebelumnya mengatakan, PLTA Sulewana akan mensuplai daya listrik sebesar 65 MW untuk memenuhi kebutuhan di daerah ini.

Jika PLTA itu bisa mensuplai daya listrik sebesar 65 MW di Sulteng, paling tidak untuk jangka waktu tertentu dapat mengatasi kekurangan daya listrik di daerah ini.

PLTA Sulewana Poso berkapasitas 195 MW tersebut mulai dibangun pada 2003 dengan anggaran pembangunan yang mencapai triliunan rupiah.

CLOSE