Endriartono Sutarto Gabung Partai Nasdem

Endriartono Sutarto Gabung Partai Nasdem
Mantan Panglima TNI (purn) Jenderal Endriartono Sutarto saat dilantik sebagai anggota Partai Nasdem di GOR Saburai, Lampung, Minggu (30/9). ( Foto: twitter @effendisyahputra )
Minggu, 30 September 2012 | 20:34 WIB
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Endriartono Sutarto akhirnya bergabung masuk Partai Nasdem.

Bergabungnya mantan Panglima TNI era Megawati Soekarnoputri itu disampaikan langsung oleh Endriartono Sutarto saat deklarasi dan pelantikan pengurus Partai Nasdem dan organisasi sayapnya di GOR Saburai Bandar Lampung, Minggu (30/9)

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Majelis Nasional Partai Nasdem Surya Paloh; Ketua Umum Partai Nasdem Patrice Rio Capella; Ketua DPW Partai Nasdem Lampung Zamzani Yasin, dan Ketua Dewan Pakar Partai Nasdem Lampung Tamanuri.

Saat berpidato seusai disematkan jaket partai oleh Ketua Umum Partai Nasdem, mantan komandan Paspampres pada 1997-1998 ini mengaku bergabung ke Nasdem karena partai tersebut membawa misi perubahan untuk kemajuan dan kesejahteraan Indonesia.

"Partai Nasdem merupakan partai yang dinantikan oleh masyarakat Indonesia, yang membawa misi perubahan, sehingga saya harus ikut bagian dalam perubahan itu dengan masuk ke Partai Nasdem," kata Endriartono yang disambut tepuk tangan ribuan peserta yang hadir dalam deklarasi tersebut.

Menurut lulusan Akabri tahun 1971 itu, Partai Nasdem merupakan partai baru yang belum terkotori oleh Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN), sehingga masyarakat sangat berharap banyak kepada partai ini untuk membangun bangsa Indonesia yang lebih baik.

"Saya memilih partai baru yang satu ini, karena masyarakat sangat berharap partai ini mampu membangun bangsa Indonesia dengan Restorasi Indonesia," kata dia.

Namun saat ditanya apa motivasinya terjun ke dunia politik dan memilih Partai Nasdem, pria kelahiran 29 April 1947 itu, hanya menjawab diplomatis.

"Saya hanya ingin ikut ambil bagian dalam perubahan itu," kata dia seraya tersenyum saat meninggalkan GOR Saburai.

Bagi Ketua Umum Partai Nasdem Rio Patrice Capella, sosok Endriartono dipastikan akan memperkokoh platform perjuangan Nasdem sebagai partai berbasis Nasionalisme.

Apalagi sebelumnya, putri Proklamator Bung Karno, Rachmawati Soekarnoputri juga bergabung di Bandung, beberapa waktu lalu.

"Pak Sutarto sudah menunjukkan pengalamannya sebagai pemimpin di TNI, paham soal pertahanan, jelas seorang nasionalis," kata Rio kepada Beritasatu.com.

Satu hal, kata Rio, pandangan Sutarto sudah sama dengan Nasdem soal restorasi Indonesia. Pikiran-pikiran kritis dan sumbangsih terhadap gerakan perubahan cukup nyata dilakukan oleh purnawirawan jenderal yang juga aktif pada gerakan pemberantasan antikorupsi itu.

Ketika ditanya apakah bergabungnya Endriartono akan disiapkan menjadi calon capres atau cawapres Nasdem untuk 2014? Rio mengatakan Sutarto akan ditempatkan di tempat yang layak di struktur partai. Hal ini akan dikomunikasikan terus.

"Soal capres, kita belum masuk ke ranah itu. Enggak mungkin Pak Tarto bergabung semata-mata mencari itu. Kita ingin sama-sama membangun perubahan Indonesia yang lebih baik dan bermartabat."

Kalau nanti Sutarto diduetkan dengan Jusuf Kalla?

Rio kembali menepis sinyalemen itu. Kendati dia mengaku ada kedekatan visi antara mantan Wapres JK dan Nasdem. Di satu sisi, belakangan ini Endriartono juga kerap berdiskusi bersama-sama JK.


CLOSE