Ketua BPK, Hadi Purnomo.
Ada temuan 86 kasus senilai Rp40,13 miliar merupakan perjalanan dinas fiktif dan 173 kasus senilai Rp36,87 miliar merupakan perjalanan dinas ganda.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hadi Purnomo di Kantor Presiden Jakarta, hari ini, untuk mendengarkan penyampaian ikhtisar pemeriksaan BPK semester I/2012.

Ketua BPK Hadi Purnomo didampingi oleh empat anggota BPK lainnya, antara lain Agung Firman Sampurna dan Bahrullah Akbar. Mereka diterima Presiden SBY sekitar pukul 11.00. P

Diberitakan sebelumnya, BPK kembali menemukan dugaan pelanggaran dalam penggunaan anggaran negara dalam perjalanan dinas Pemerintah, yang tertuang dalam ikhtisar hasil pemeriksaan  semester I tahun 2012.

Dalam laporan yang sudah diserahkan ke DPR itu, BPK telah melakukan pemeriksaan kinerja atas 14 objek pemeriksaan.
 
Hasil pemeriksaan signifikan yang perlu mendapat perhatian adalah mengenai perjalanan dinas, dengan ditemukannya kerugian negara dan/atau daerah akibat penyimpangan perjalanan dinas sebanyak 259 kasus senilai Rp77 miliar.

Dari total kerugian itu, sebanyak 86 kasus senilai Rp40,13 miliar merupakan perjalanan dinas fiktif. Sebanyak 173 kasus senilai Rp36,87 miliar merupakan perjalanan dinas ganda dan atau perjalanan dinas melebihi standar yang ditetapkan.

Penulis: