Sumpah Pemuda Antikorupsi 2012 dari Alumni Youth Camp KPK. (alumni youth KPK)
Jejaring Komunitas Antikorupsi meluncurkan sebuah video kampanye antikorupsi dalam rangka merayakan peringatan 84 tahun Sumpah Pemuda.

Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang dipertemukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam sebuah Youth Camp bertajuk Youth Camp Antikorupsi 2012, Kita Berani Beraksi pada  9 Oktober 2012 - 12 Oktober 2012 di Rumah Jambuluwuk, Ciawi, Bogor, Jawa Barat.

Video Muda Jujur, demikian judul dari video yang diluncurkan pada Minggu 28 Oktober 2012, tepat 84 tahun perayaan Sumpah Pemuda.

Video ini merupakan sebuah Kolaborasi aksi antara Suara Pemuda Antikorupsi (ClubSPEAK), Future Leaders Anti-Corruption (FLAC Indonesia), Batik Lampung, Kecak Udayana, SPEAK STAN, Kapak Cilacap dan Indonesian Youth Against Corruption.

Amalia Ayuningtyas, salah satu insiator video ini menyatakan video ini berawal dari diskusi ringan bersama teman-teman FLAC Indonesia. Kemudian tercetuslah ide untuk mengambil momen Sumpah Pemuda  2012 untuk membuat sebuah video kreatif.

"Karena kami memiliki Keyakinan terhadap pemberantasan korupsi yang bisa diawali dari hal-hal yang kecil yakni mulai dari membangun kepedulian, menyebarkan pengetahuan dan pemahaman, sampai mendorong terjadinya perubahan perilaku membuat kami yakin video ini dapat menjadi langkah awal dari perjalanan tersebut," dalam rilisnya hari ini,

Adapun Jiwo Damar Anarkie, inisiator lainnya dari Video Muda Jujur yang juga merupakan Presiden dari Future Leaders Anti Corruption (FLAC Indonesia), mengungkapkan  pentingnya kesadaran berasama dari segenap elemen anak muda untuk melakukan pemberantasan korupsi, karena korupsi bukan hanya masalah penegak hukum, namun juga urusan pemuda sebagai penerus bangsa.

"Video ini kami buat untuk meningkatkan Public Awareness terhadap pentingnya upaya kita untuk bersama melawan korupsi. Saat ini yang kita lakukan adalah kaderisasi untuk orang-orang muda yang kelak akan menjadi penerus bangsa. Karena kami berharap kita bersama-sama bias memutus rantai korupsi dengan menciptakan generasi antikorupsi," ujar Jiwo.

"Untuk Menikmati Video Muda Jujur (by Jejaring Komunitas Anak Muda Anti Korupsi), cukup dengan membuka halaman Youtube di alamat http://youtube/nSG9PCpcAHg dan silakan nikmati sebuah video kampanye antikorupsi yang dibuat oleh berbagai komunitas anak muda yang peduli terhadap pemberantasan korupsi."


Penulis: