Pekerja sedang membersihkan patung tokoh Proklamator RI Sukarno dan M Hatta di Tugu Proklamasi, Jakarta, beberapa waktu lalu. (JG Photo/Safir Makki)
Penganugerahan gelar pahlawan nasional untuk Soekarno-Hatta rencananya akan dilakukan besok, Rabu (7/11).

Gelar Pahlawan Nasional tahun ini dipastikan akan diberikan pemerintah kepada dua sosok, yaitu tokoh proklamator yang juga pemimpin pertama RI, Ir Soekarno dan Drs Muhammad Hatta.

Pemberian gelar itu rencananya dilakukan Rabu (7/11) besok di Jakarta, dalam acara yang diisi dengan pidato khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Hasil gelar Dewan Kehormatan, juga sudah setahun ini (dibicarakan), diberikan kepada dua orang, (yaitu) Ir Soekarno dan Drs M Hatta. Beliau (berdua) akan dianugerahi Pahlawan Nasional. Keppres-nya akan ditandatangani sore ini," ungkap Menko Polhukam Djoko Suyanto, usai rapat terbatas dengan Presiden SBY yang baru mendarat pasca kunjungan luar negri, di Bandara Halim Perdanakusuma, Selasa (6/11) sore.

"Penganugerahan akan disampaikan dengan (mengundang) keluarga (keduanya). Dan akan dilakukan besok penganugerahan Soekarno-Hatta (pada) pukul 11.00," ujar Djoko menambahkan.

Soal alasan dan pertimbangan pemberian gelar, Djoko mengungkapkan bahwa hal itu antara lain akan disampaikan langsung oleh SBY, lewat pidato khususnya besok.

"Alasannya kenapa, besok Presiden akan memberikan sambutan khusus, mengapa layak mendapatkan gelar," katanya. "Kedua tokoh inilah yang akan mendapat gelar tahun ini," tegasnya menambahkan.

Sementara, soal kenapa acara pemberian gelar itu dijadwalkan besok, tidak ada keterangan dari Djoko. Namun diyakini ini berhubungan juga dengan agenda SBY sendiri, yang baru sore ini pulang dari kunjungan ke luar negeri, sementara selanjutnya besok juga segera bersiap menghadiri acara di Bali.

 


Penulis: