Ketum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin (Suara Pembaruan)
Untuk memeriahkan Milad Akbar Muhammadiyah tersebut sekitar 100.000 massa akan menghadiri puncak acara di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Peringatan hari ulang tahun (HUT) Muhammadiyah yang ke-100 akan digelar secara serentak di seluruh daerah di Indonesia, Minggu(18/11). Khusus empat kota, Jakarta, Malang, Makasar dan Yogyakarta, akan berlangsung acara bersama secara teleconference yang disiarkan langsung TVRI.

Momentum istimewa ini diberi tajuk Milad Akbar 1 Abad Muhammadiyah, Sang Surya Tiada Berhenti Menyinari Negeri.

“Untuk peringatan di Malang Raya, kegiatan dipusatkan di kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM),” ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsudin, yang dikonfirmasi, Sabtu (17/11).

Din membenarkan untuk memeriahkan Milad Akbar Muhammadiyah tersebut sekitar 100.000 massa akan menghadiri puncak acara di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. “Saya akan melakukan teleconference dengan warga Muhammadiyah di empat kota, termasuk di UMM,” kata Din.

Sementara Ketua Panitia Lokal di UMM, Muslimin Machmud terpisah, semalam menjelaskan, warga Muhammadiyah yang bakal hadir di Dome UMM diperkirakan mencapai 12.000 orang, sementara kapasitas  Dome UMM hanya 6.000 orang.

“Panitia UMM sudah menyiapkan berbagai acara di kampus dan penyelenggaraannya tidak hanya di dalam namun juga di luar Dome UMM,” katanya.

Acara di Dome UMM antara lain diisi dengan pengajian Iftitah oleh Drs Nurcholis Huda, MSi, dilanjutkan pidato Milad oleh Ketua PW Muhammadiyah Provinsi Jawa Timur, Prof Dr Thohir Luth yang dikemas dalam  adegan wayang dengan dalang Wakil Ketua PWM Jatim, Imam Robandi.

Di sela-sela acara wayang itu Din Syamsudin akan melakukan dialog dengan warga Muhammadiyah lewat teleconference. “Untuk memeriahkan acara, kita mendapat sumbangan taria-tarian Barongsai dari etnis Tionghoa di Malang Raya,” ujar Muslimin.

Di luar kampus, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) se-Malang Raya memasang 110 spanduk Milad dan  5.000 bendera Muhammadiyah. Hal yang sama juga dilakukan PDM Kabupaten Malang dan PDM Kota Batu.

Sepanjang jalan menuju kampus III UMM di Tlogomas, sudah terpasang bendera berwarna hijau bergambar Matahari putih.


Penulis: