Yunus Husein
"Kami menyambut baik. Ada kemajuan sedikit dan kita tahu mana yang harus diperbaiki."

Pemerintah menyambut baik kenaikan indeks persepsi korupsi (CPI) Indonesia tahun 2012 versi Transparency International Indonesia (TII). Tahun ini, Indonesia memperoleh CPI sebesar 32 sementara tahun sebelumnya 3,0 (rentang indeks 0-10).

Hal itu disampaikan anggota Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), Yunus Husein, dalam acara peluncuran Indeks Persepsi Korupsi tahun 2012 di Hotel Atlet Century Park, hari ini.

"Kami menyambut baik. Ada kemajuan sedikit dan kita tahu mana yang harus diperbaiki," kata Yunus.

Menurut Yunus, CPI ini sangat penting dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. CPI bisa dijadikan indikator penilaian pemberantasan korupsi yang telah dilakukan di Indonesia.

"Ini penilaian untuk pemberantasan korupsi. Mana yang kurang, mana yang sudah bagus," katanya.

Meski mengapresiasi kenaikan indeks persepsi korupsi Indonesia, namun Yunus mengatakan Indonesia harus terus melakukan perbaikan. Menurut Yunus, UKP4 akan membantu dalam pemberantasan korupsi.

Diharapkan pada 2015 mendatang, Indeks Persqepsi Korupsi Indonesia bisa mencapai nilai lima. Akan tetapi, Yunus mengatakan untuk mencapai indeks tersebut bakal dibutuhkan usaha yang keras.

Latar Belakang
Transparansi Internasional Indonesia (TII)) meluncurkan Indeks Persepsi Korupsi (CPI) tahun 2012. Berdasarkan hasil CPI, Indonesia berada di peringkat 118 dari 176 negara yang diukur.

Natalia Sobeagjo, Sekretaris Jenderal TII mengatakan dibandingkan dengan tahun lalu belum ada perubahan yang signifikan terkait peringkat Indonesia berdasarkan CPI.

Natalia menjelaskan posisi Indonesia dalam CPI sejajar dengan Republik Dominika, Ekuador, Mesir dan Madagaskar. Menurut Natalia,  nilai 32 yang diperoleh Indonesia menunjukan bahwa Indonesia belum  dapat keluar dari situasi korupsi yang sudah mengakar.

Sejak tahun 1995, TI meluncurkan CPI  yang menunjukan situasi korupsi di suatu negara.  CPI  mengukur tingkat persepsi korupsi di sektor publik, yaitu korupsi yang dilakukan oleh pejabat negara dan politisi.

Tahun ini, Denmark mendapatkan skor tertinggi CPI. Diikuti Finlandia, Swedia dan Singapura. Sementara negara dengan CPI terendah adalah  Somalia, Korea Utara, Afganistan, Sudan dan Myanmar.

Penulis: