WWF bersama Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Kapten Inf Agus Harimurti Yudhoyono, para artis ibu kota meluncurkan program MyBabyTree, yang ditandai dengan aksi menanam bibit pohon di Gunung Tikukur, Puncak, Bogor, Jawa Barat, Rabu (21/11). (beritasatu.com/Firdha Novialita)
Agus hadir bersama sejumlah prajurit berseragam kesatuan Kostrad TNI AD, dalam rangka mempromosikan ‘Gaya Hidup Hijau'

Sebagai Duta Lingkungan World Wild Fund (WWF), Putra Presiden Agus Harimurti Yudhoyono, mengisi suasana Minggu (16/12) pagi di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.

Agus hadir bersama sejumlah prajurit berseragam kesatuan Kostrad TNI AD, dalam rangka mempromosikan ‘Gaya Hidup Hijau' di Car Free Day, WWF-Indonesia, Kementerian Kehutanan dan Kostrad.

Agus pun ikut berjoget ala Gangnam Style, bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, yang sekaligus dimeriahkan oleh 345 prajurit Brigade Infantri Lintas Udara (Brigif Linud) 17 Kostrad yang dimotori oleh Mayor Inf. Agus Harimurti Yudhoyono.

Agus juga merupakan WWF Honorary Supporter.

Kegiatan bersepeda dan berolahraga pagi itu mengambil tajuk ‘Gaya Hidup Hijau', yang sejalan dengan upaya pemerintah dan WWF-Indonesia dalam mengurangi dampak emisi yang akan sangat berpengaruh bagi kelestarian lingkungan dan kesehatan. Melalui kesempatan ini, WWF-Indonesia bersama mitra utama Kementerian Kehutanan Republik Indonesia, Brigif Linud 17 Kostrad dan KPBB membagi-bagikan 1500 bibit pohon kepada masyarakat umum yang turut hadir di kegiatan Car Free Day hari ini.
 
“Kostrad mendukung penuh upaya WWF-Indonesia dalam melakukan konservasi alam yang sejalan dengan motto kami ‘Green Berret Go Green', yaitu komitmen Kostrad untuk melestarikan alam ibu pertiwi. Melalui kegiatan yang sangat kreatif ini, kami ingin mengajak masyarakat  di seluruh Indonesia untuk mulai sekarang mengadopsi ‘Gaya Hidup Hijau' demi masa depan yang lebih baik,” kata Agus Harimurti Yudhoyono.

Agus bersama 345 prajurit Brigif Linud 17 Kostrad  langsung membagi-bagikan bibit pohon kepada warga. Dia bersama Menko Perekonomian dan Menhut juga menyempatkan berbincang-bincang secara serius dengan beberapa anak kecil dan meminta mereka untuk menanam pohon dan menjaga lingkungan.

Jenis pohon yang dipilih mencakup Anyang-Anyang, Lampeni, Pucuk Merah, Sirsak, Duku, Menteng, Matoa, Mundu, Salam dan Kenari, yang sengaja dipilih untuk menghijaukan lingkungan, memperbanyak pohon langka dan membina habitat ekosistem kota, dan juga menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi.
 
Putera sulung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu juga disibukkan melayani ajakan foto bersama warga yang mendapat kejutan joget Gangnam yang lagi mendunia itu.

Agus terlihat memberikan pengarahan saat prajurit berdiri merapikan barisan. Selama rekan-rekannya asyik berjoget diiringi lagu dangdut Iwak Peyek dilanjutkan gerakan ala Gangnam Style bersama para menteri, dari depan, Agus menepuk-nepukkan tangan sambil tersenyum.

Koordinator KPBB Zafach Andrianto mengatakan, sebagai komunitas yang sudah menggalakkan Car Free Day sejak lama, pihaknya sangat berharap kolaborasi itu tidak akan hanya berhenti hari ini.

"Tapi akan terus dilakukan selama kampanye gerakan ‘Gaya Hidup Hijau' berjalan," papar Zafach.

Penulis: /FEB