Mendikbud M Nuh
"Karena kita membutuhkan satu sistem ekstra kurikuler yang bisa menjahit secara nasional."

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, memastikan bidang kepramukaan dimasukkan dalam kurikulum pendidikan 2013.

"Pak Wapres juga sudah beri arahan, dalam kurikulum baru itu ekstra kurikuler yang diwajibkan adalah kepramukaan, karena kita membutuhkan satu sistem ekstra kurikuler yang bisa menjahit secara nasional," kata Mendikbud, ketika mendampingi Wakil Presiden Boediono pada temu wicara yang digelar pada puncak peringatan Hari Nusantara XIII yang dipusatkan di Pantai Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), hari ini.

Acara tersebut adalah rangkaian puncak peringatan Hari Nusantara 2012.

Menurut Nuh, Kemendikbud sudah mengkaji berbagai kegiatan ekstra kurikuler yang akan dimasukkan dalam kurikulum pendidikan yang baru.

"Memang kepramukaan merupakan satu-satunya yang sekarang ini kita lihat yang mampu menjahit secara nasional," kata Nuh.

Namun disebutnya kurikulum pendidikan 2013 yang sedang disiapkan untuk menggantikan kurikulum pendidikan 2006 itu masih harus melewati serangkaian kajian.

Terdapat empat tahapan kajian kurikulum baru 2013 yang sedang dijalankan oleh Kemdikbud yaitu penyusunan kurikulum secara internal di Kemdikbud, pemaparan desain kurikulum di hadapan Wakil Presiden, pelaksanaan uji publik, dan penyempurnaan.

Penulis:

Sumber:Antara