Khofifah Indar Parawangsa saat menerima penghargaan

3 alasan mengapa Garda Bangsa memilih  Khofifah yakni Khofifah adalah kader asli NU dan  PKB.

Khofifah Indar Parawansa "mengalahkan" Saifullah Yusuf alias Gus Ipul  dalam bursa calon Gubernur Jawa Timur yang akan diusung oleh Partai  Kebangkitan Bangsa (PKB). Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan RI ini  diajukan oleh PKB dengan alasan "lebih jelas warna kelaminnya."

 
Khofifah rencananya mengumumkan deklarasi dirinya maju sebagai  Jatim 1 pada 5 Januari nanti. Dia rencananya disandingkan dengan  calon dari PDI Perjuangan sebagai Wakil Gubernur Jatim.
 
"Ini hasil keputusan dalam pertemuan Jumat (21/12) kemarin di DPP PKB.  Yang akan mendampingi Khofifah dari PDI-P. Kalau tidak Pak Sirmadji  (Ketua DPD PDIP Jatim) atau Pak Bambang D.H (Wakil Walikota Surabaya),"  kata Ketua Bapillu DPP PKB Saefullah Maksum saat ditemui Selasa (25/12).
 
 Mengapa lebih memilih Khofifah dibandingkan Gus Ipul toh keduanya  sama-sama berlatar belakang Nadhlatul Ulama? Saefullah  menjawab,"Khofifah lebih jelas warna 'kelaminnya'. Dia itu lebih PKB  dibandingkan Gus Ipul. Kini kita akan berupaya menyakinkan NU untuk mau  merelakan majunya Khofifah, bukan Gus Ipul."
 
Nama Khofifah memang ramai diperbincangkan untuk menuju Jatim 1. Salah  satunya seperti yang pernah dikatakan Ketua Umum DKN Garda Bangsa, M  Hanif Dhakiri, di hadapan Khofifah, 30 November lalu di Jakarta.
 
Saat itu, Hanif yang juga Ketua DPP PKB itu, didampingi Sekjen DKN Garda  Bangsa Malik Haramain dan Wakil Sekjen DPP PKB Zainul Munasichin.
 
Hanif menjelaskan tiga alasan utama mengapa Garda Bangsa memilih  Khofifah bukan yang lain. Pertama, Khofifah adalah kader asli NU dan  PKB. Kedua, pengalaman Khofifah dalam mengelola pemerintahan sangat  memadai, baik sebagai mantan anggota DPR RI dari Fraksi PKB maupun  menteri.
 
Alasan ketiga, dari sekian kandidat gubernur yang sekarang beredar,  hanya Khofifah diklaim memiliki dukungan basis secara kongkret.  Posisinya sebagai Ketua Umum PP Muslimat NU menjadikan Khofifah memiliki  modal sosial paling kuat dan nyaris tak tertandingi.
 
Khofifah menyatakan jika berbagai dukungan, termasuk dari  Garda Bangsa, semakin menguatkan keyakinannya untuk memimpin Jawa  Timur.

Penulis: /FER