Gubernur Bali, Made Mangku Pastika.
Gubernur Bali Made Mangku Pastika mulai merapat ke Partai Golkar menjelang pemilihan kepala daerah pada 15 Mei 2013.

"Saya belum berani menentukan kendaraan partai politik yang mana akan saya gunakan untuk kembali mencalonkan diri lagi sebagai gubernur," katanya seusai menghadiri ritual keagamaan di Kantor DPD Partai Golkar Bali di Denpasar, Kamis (27/12).

Pada Pilkada 2008, Pastika mencalonkan diri melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Namun sampai sekarang, belum ada tanda-tanda Pastika mendapatkankan surat rekomendasi dari DPP PDIP.

"Saya masih menunggu. Pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur waktunya masih sebulan ke depan. Dan sekarang saya masih menjabat gubernur hingga Agustus 2013," kata mantan Kapolda Bali itu.

Ia mengaku dirinya sudah didekati Partai Golkar untuk diusung menjadi calon gubernur pada Pilkada Bali mendatang.

"Memang saya sempat dihubungi oleh pengurus Partai Golkar, baik oleh Dewan Pengurus Daerah Golkar Bali maupun Dewan Pimpinan Pusat Golkar. Namun hingga kini juga belum ada surat rekomendasi dari pusat untuk menyatakan untuk mengusung saya,' ucapnya.

Dia juga mengaku masih banyak program pembangunan yang belum selesai. "Program-program yang saya rancang untuk memajukan masyarakat Bali masih perlu dilanjutkan lagi, karena itu saya siap maju pada pilkada mendatang," kata mantan Kapolda Bali itu.

Menyinggung siapa yang cocok akan mendampinginya sebagai wakil gubernur, Mangku Pastika mengatakan siapa saja bisa, asalkan mereka memiliki visi dan misi yang sama untuk memajukan masyarakat Bali.

"Saya mencari pendamping orang yang semangat dan cekatan dalam menindaklanjuti program-program pemerintah," katanya.

Ditanya apakah mencari wakil gubernur yang umurnya lebih muda, Mangku Pastika mengelak tak mau buru-buru menyebut nama.

"Nantilah anda akan tahu siapa yang akan saya ajak berpasangan. Masih saya perlu pikirkan untuk menjadi pendamping," katanya.

Dari konstelasi politik di Bali, survei lembaga independen menyebutkan Made Mangku Pastika menduduki peringkat teratas dibanding kandidat lainnya yang disurvei sehingga semua parpol menginginkannya menjadi kandidat gubernur lima tahun ke depan.

Penulis:

Sumber:Antara