PDIP
Selain itu, oleh Siti Zuhro, konsistensi PDIP yang berada di garis oposisi dinilai memberikan catatan positif di mata masyarakat.


Jakarta -
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dianggap sebagai salah satu partai yang berpeluang memenangkan Pemilu 2014. Pasalnya, partai berlambang "banteng moncong putih" ini sudah mempersiapkan calon anggota lembaga legislatif (caleg) yang cukup berkualitas. Selain itu, konsistensi PDIP yang berada di garis oposisi, dinilai memberikan catatan positif di mata masyarakat.

"Tidak tertutup kemungkinan PDIP bisa memenangkan Pemilu 2014. Kompetisi di Pemilu 2014 lebih diwarnai oleh kualitas caleg-caleg yang dikontestasikan. Semakin berkualitas dan meyakinkan caleg yang diturunkan dalam pemilu, maka akan semakin besar peluang mendapat dukungan dari rakyat," kata peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro, kepada SP di Jakarta, Sabtu (26/1).

Siti menambahkan, secara sederhana, partai berlogo kepala banteng tak ada lagi saat ini selain PDIP. Karena itulah menurutnya, PDIP bakal melenggang mulus untuk meraih hasil maksimal pada Pemilu 2014.

"Kalaupun PDIP harus berebut suara, mereka harus berkompetisi dengan Gerindra, Nasdem dan Hanura, yang besar kemungkinan secara basis dukungan politik relatif memiliki kemiripan," imbuhnya.

Meskipun demikian, lanjut Siti, PDIP perlu mengantisipasi dan mengevaluasi beberapa aspek. Dikatakannya, PDIP harus mampu menghadirkan kembali jiwa marhaen atau reaktualisasi ikon "wong cilik", serta melakukan terobosan baru dalam Pemilu 2014. Hal tersebut menurutnya sangat diperlukan, agar PDIP senantiasa digemari dan didukung rakyat.

"Mengingat kebutuhan masyarakat yang terus berkembang dan semakin kompleks, parpol semestinya mampu mengantisipasi dan mengakomodasi aspirasi rakyat," imbuhnya.


-

Penulis: /SES