Juru Bicara KPU NTT, Djidon de Haan
KPU NTT masih membuka kesempatan bagi pemilih yang belum terdaftar dalam DPT hingga H-7 pemungutan suara.

Kupang - Dari total 3,1 juta penduduk di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terdaftar dalam Daftar Penduduk Pemilih Potensi Pemilu (DP4) yang diserahkan pemerintah, hanya 2,9 juta lebih penduduk yang terdaftar sebagai pemilih pada pemilu kepala daerah (Pilkada) Gubernur NTT periode 2013 – 2018 pada tanggal 18 Maret 2013 mendatang.
 
Jumlah 2,9 juta pemilih itu telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Gubernur NTT.

“Kami sudah tetapkan DPT sebanyak 2.997.628 pemilih yang berhak mengikuti Pilkada 18 Maret 2013,” kata Juru Bicara KPU NTT Djidon de Haan kepada Suara Pembaruan di Kupang, Selasa (28/1).
 
Sesuai rincian, jumlah pemilih laki-laki sebanyak 1.455.093 dan Perempuan 1.542.535 pemilih. Pemilih tersebut tersebar di 8.360 tempat pemungutan suara (TPS) di NTT. Jumlah DPT tersebut selanjutnya akan menjadi dasar pengadaan logistik berupa surat suara untuk penyelenggaraan pemilihan gubernur NTT.
 
Djidon de Haan, mengatakan, Walaupun sudah menetapkan DPT, tapi KPU NTT masih membuka kesempatan bagi pemilih yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, namun belum terdaftar dalam DPT hingga H-7 pemungutan suara.

“Kami masih membuka kesempatan bagi pemilih yang belum terdaftar untuk menggunakan hak pilihnya untuk mendaftar,” kata Djidon.
 
Djidon de Haan, meminta, pemilih bisa melaporkan diri ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), sehingga diakomodir sebagai pemilih pada hari H pencoblosan. “”Pemilih tambahan akan di undang untuk mencoblos pada hari H,” minta Djidon de Haan.
 
Lebih lanjut Djidon menambahkan, calon pasangan peserta pemilihan gubernur NTT terdiri dari enam pasangan, antara lain, Frans Lebu Raya-Benediktus A Litelnoni (Frenly), Ibrahim Agustinus Medah- Emanuel Melkiades Laka Lena (Tunas), Esthon L Foenay- Paulus Talo (Esthon- Paul), Benny K Harman-Wilem Nope (BKH-Nope), Beni Bosu-Melkianus Adoe (BBM),  dan Christian Rotok - Abraham Paul Liyanto (CristAL).

“Untuk penentuan enam paket pasangan layak atau tidak, KPU NTT akan mengumumkan pada tanggal 31 Januari 2013. KPU menyampaikan lengkap atau tidak dokumen serta syarat sebagai calon gubernur dan wakil gubernur NTT periode 2013,” tukasnya.

Penulis: /WBP