Ilustrasi bendera NasDem

Jakarta - Mundurnya pengurus Partai Nasdem berlanjut terus walau struktur kepengurusan nasional partai itu di bawah kepimpinan Surya Paloh sudah diumumkan.

Misalnya, 35 orang kader Gerakan Pemuda Nasional Demokrat (Garda Nasdem) Jombang, sayap pemuda Partai Nasdem, mundur dari kepengurusan.

Dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (10/2), Berndahara Garda Nasdem Jombang, Nadro Lubis, menyatakan mereka mundur karena tidak ada transparansi dan pendidikan politik yang mereka terima di partai itu saat ini.

Mereka pun akhirnya mundur dengan cara mengembalikan Kartu Tanda Anggota dan sejumlah atribut.

"Seringkali kebijakan kebijakan-kebijakan partai tidak melalui mekanisme rapat pengurus. Kami tak tahan lagi sehingga mundur," kata Nadro.

Pengunduran diri kader Nasdem berlangsung secara masif di berbagai daerah di Indonesia. Langkah serupa sebelumnya dilaksanakan mantan Ketua Dewan Pakar Partai Nasdem Hary Tanoesudibyo dan Mantan Sekjen Nasdem, Ahmad Rofiq.

Sekjen Partai Nasdem yang baru, Patrice Rio Capella, tak berkomentar ketika ditanyai tanggapannya atas pemunduran diri kader partai itu.

Penulis: Markus Junianto Sihaloho