Seorang balita di daerah Sidoyoso, Surabaya, Jatim, saat mendapat imunisasi difteri.
Imunisasi DPT merupakan salah satu imunisasi wajib yang diberikan pada bayi.

Banyak orangtua yang mengkhawatirkan suhu bayinya yang mendadak meningkat atau demam usai diimunisasi. Namun menurut dr Viska Indriani, staf uji klinis PT Bio Farma, hal tersebut adalah hal yang wajar terjadi.

"Demam itu salah satu tanda tubuh membentuk daya tahan terhadap penyakit tertentu," ujarnya, Kamis (27/9) di Jakarta.

Menurutnya, meski bayi mengalami demam, namun kekebalan tubuhnya akan semakin kuat. Terutama dalam hal terlindungi dari penyakit difetri, pertusis dan tetanus (DPT).

Namun yang perlu diperhatikan, menurut Viska, bayi yang telah diimunisasi DPT belum tentu terbebas tiga penyakit tersebut. Imunisasi hanyalah meningkatkan kekebalan dan memperkecil kemungkinan untuk sakit.

"Minimal tidak akan parah efeknya jika nantinya terkena," ujar Viska.

Untuk itu, dia menghimbau agar para ibu tidak perlu ragu mengimunisasi bayinya ke puskesmas terdekat menggunakan vaksin dari produsen ternama. Menurut Viska, vaksin tersebut semuanya telah mendapatkan pengakuan dari WHO, sehingga terjamin kualitasnya.

Imunisasi DPT merupakan salah satu imunisasi wajib yang diberikan pada bayi. Imunisasi ini biasanya dilakukan dalam beberapa tahapan, dimulai ketika bayi berusia dua bulan.

Penulis: /FMB

Sumber:Antara.com