Ilustrasi kecelakaan maut

Kolaka - Aparat Polres Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), berhasil mengevakuasi 10 korban penumpang mobil jenis Avanza yang mengalami kecelakaan lalu lintas dan masuk jurang di jalan poros trans Sulawesi Km 18, di Kecamatan Wundulako, pada Jumat (12/4) malam.

Kaur Lantas Polres Kolaka, Iptu Budi Pekerti mengatakan, kesepuluh korban penumpang mobil yang terguling masuk jurang berkedalaman 10 meter itu, dievakuasi ke Rumah Sakit (RS) Benyamin Galuh Kolaka. Namun tiga korban di antaranya segera dirujuk ke rumah sakit di Kota Kendari, karena mengalami luka yang sangat serius.

Budi menduga, mobil Avanza berwarna merah marun yang dikemudikan Ridwan (30) itu, mengalami kecelakaan tunggal yang terjadi sekitar pukul 19.00 Wita. Menurutnya, mobil yang berasal dari arah Kabupaten Kolaka Utara menuju Kota Kendari itu, diduga terguling ke jurang karena melaju dengan kecepatan tinggi sehingga sulit menghindari tikungan tajam.

"Diduga mobil ini jatuh ke jurang karena berkecepatan tinggi, sehingga sopir tidak bisa mengendalikan setir. Apalagi kondisi jembatan di tempat kejadian itu tidak mempunyai pembatas, sehingga sangat membahayakan pengemudi," katanya.

Budi menjelaskan, para korban penumpang mobil itu diketahui adalah para pekerja proyek pembangunan talud di Kolaka Utara. Mereka mengaku hendak pulang ke Kota Kendari dengan menggunakan mobil rental tersebut.

Ke-10 korban penumpang mobil naas itu, masing-masing adalah Ian (17) warga Pondidaha, La ode Farman (20) warga Kota Baubau, Agus, Ridwan (30), Jimo (27) warga Kota Kendari, Hamsir (23) warga Kota Raha, Jono (18), Andi Oddang, Anjas, serta Gunawan (26) warga Konawe.

Salah seorang korban, Hamsir, yang mengalami luka ringan dan kini dirawat di RS Benyamin Galuh Kolaka mengatakan, saat kejadian naas itu, dirinya masih tertidur di kursi bagian belakang. Dia mengaku tidak mengetahui kronologis peristiwa kecelakaan tersebut.

"Saya tahu terjadi celaka, setelah terbangun saat kepala saya terpukul dan badan saya tertindih oleh teman satu tempat duduk," kata pemuda yang mengalami luka gores pada bagian lengan kanannya itu.

Sementara, berdasarkan pantauan dari lokasi kejadian, mobil pribadi bernomor polisi DT 1013 BB itu tampak mengalami kerusakan berat. Badan dan kaca mobil tampak hancur, karena jatuh terguling dari ketinggian di jalan poros Kolaka-Kendari itu.

 

Penulis:

Sumber:Antara