Pasangan Frenly

Kampanye putaran kedua akan berlangsung selama tiga hari.

Kupang - Kampanye pemilihan gubernur dan wakil gubernur Nusa Tenggara Timur untuk putaran kedua dimulai hari ini Jumat, (17- 19/5) oleh kedua pasangan Frans Lebu Raya - Benediktus A Litelnoni atau paket Frenly dan pasangan Esthon L Foenay - Paul Talo.

"Masa kampanye pemilu gubernur (Pilgub) putaran kedua selama tiga hari, sedangkan pemungutan suara sesuai jadwal akan berlangsung pada Kamis, (23/5),” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT, Johanes Depa kepada wartawan di Kupang, Jumat, (17/5).

Menurut Johanes Depa, ada tiga bentuk kampanye yang dipakai yakni kampanye dialogis, pertemuan terbatas, dan kampanye media. Tim sukses dan pasangan calon tinggal memilih bentuk kampanye apa yang akan dipilih selama masa kampanye.

“KPU tidak menetapkan jadwal secara rinci selama masa kampanye. Tim dan pasangan calon tinggal memilih bentuk kampanye yang diinginkan dari kedua pasangan itu,” kata Johanes Depa.

Johanes Depa, menjelaskan, kampanye rapat umum pada putaran kedua itu ditiadakan, karena aturan mengharuskan demikian. Dimana untuk pilgub putaran kedua, hanya tiga bentuk kampanye yang ditetapkan. Kampanye pilgub putaran kedua lebih difokuskan untuk penajaman visi- misi, jelas Johanes Depa.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTT, Jemris Fointuna, meminta kedua pasangan calon gubernur bersama tim suksesnya untuk mentaati semua aturan pada pilgub putaran kedua yang akan berlangsung pada 23 Mei 2013 nanti.

“Kedua paket Cagub dan cawagub NTT harus mentaati aturan sehingga tidak menimbulkan kesan yang tidak baik kepada semua simpatisan serta pemilihan langsung itu sebagai pembelajaran politik yang demokrasi di negeri ini, khususnya di NTT,” kata Jemris.

Pilgub putaran kedua itu pasangan Franly didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Golkar, Hanura, PPP, PKB dan PKS, sedangkan pasangan Esthon-Paul didukung Partai Gerendra dan PDS.

Iklim Politik di NTT, mulai berubah setelah Ketua DPD Golkar NTT, Ibrahim Agustinus Medah, menyampaikan kepada pengurus dan simpatisan partai berlambang pohon beringin itu, untuk mendukung dan memenangkan paket Frenly pada tanggal 23 Maei 2013 yang tinggal tujuh hari lagi. (Yos).

Suara Pembaruan

Penulis: YOS/FER

Sumber:Suara Pembaruan